Pasien Covid-19 di Kabupaten Konsel yang Meninggal Ternyata Hasil Swabnya Negatif

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Salah satu pasien yang dirawat di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Covid-19 RS Kabupaten Konawe Selatan, berinisial RS (32), dinyatakan meninggal dunia, Minggu pagi (20/9/2020) sekitar pukul 07.00 WITA.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Konsel, Sulawesi Tenggara, Drs. Anas Mas’ud menjelaskan bahwa sebelumnya pasien yang dirawat di IGD Covid-19 tersebut mengeluhkan batuk dan sesak nafas.

“Dari hasil Rontgen Pneumonia saturasinya menurun sehingga menyebabkan pasien meninggal. Dan setelah dilakukan tes swab ternyata hasilnya negatif,” jelas Anas.

Perlu diketahui bersama bahwa Rontgen adalah prosedur pemeriksaan dengan menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik untuk menampilkan gambaran bagian dalam tubuh. 

Gambaran dari benda padat seperti tulang atau besi ditampilkan sebagai area berwarna putih, sedangkan udara yang terdapat pada paru-paru akan tampak berwarna hitam, dan gambaran dari lemak atau otot ditampilkan dengan warna abu-abu.

Baca Juga :  Semarak HUT Konsel ke 20, Stand Pameran Dinkes Konsel Berikan Layanan Kesehatan

Sedangkan Pneumonia sendiri adalah kondisi dimana seseorang mengalami infeksi yang terjadi pada kantung-kantung udara dalam paru-paru orang tersebut. Infeksi yang ditimbulkan pneumonia ini bisa terjadi pada salah satu sisi paru-paru maupun pada keduanya.

Kantung udara yang terinfeksi tersebut akan terisi oleh cairan maupun pus (dahak purulen). Infeksi virus, bakteri, atau jamur merupakan penyebab utama dari pneumonia. Dan di Indonesia, Pneumonia lebih dikenal sebagai paru-paru basah.
*(Redaksi) 472

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *