oleh

Lima Puskesmas di Konsel Terima Bantuan Mobil Ambulance dari Pemda Konsel

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Hari ini Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga, ST.,MM., merealisasikan janjinya dengan menyerahkan bantuan kendaraan operasional mobil Ambulance kepada 5 Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Konsel, Sulawesi Tenggara, Selasa (22/9/2020).

Bantuan mobil Ambulance tersebut diterima langsung oleh masing-masing Kepala Puskesmas, yakni Puskesmas Tinanggea, Palangga, Sabulakoa, Pamandati dan Puskesmas Ranomeeto Barat, bertempat di Halaman Kantor Bupati Konsel.

“Alhamdulillah secara bertahap saya realisasikan janji saya waktu itu untuk menyediakan kendaraan operasional bagi Puskesmas dan untuk peralatan medis telah kita distribusikan sebelumnya,” kata Surunuddin saat menyerahkan mobil Ambulance tersebut.

Baca Juga :  Peringati Hari Kesehatan Nasional Ke 58, Dinkes Konsel Lakukan Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan gratis

Surunuddin menambahkan bahwa kebutuhan akan transportasi sangat penting untuk diadakan, mengingat luas wilayah dan jangkauan pelayanan antar desa yang ada di Konsel, khususnya di Kecamatan Laonti yang hanya bisa dilalui lewat laut.

Bantuan mobil Ambulance yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Kesehatan Konsel ini merupakan bagian dari janji Bupati kepada masyarakat dan para tenaga medis saat menggelar Rapat Koordinasi Kesehatan di beberapa kecamatan pada awal tahun 2020.

Dalam beberapa dialog yang dihadiri oleh Kepala Puskesmas, dokter dan tenaga medis lainnya, Camat, Kepala Desa, pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel beserta masyarakat meminta kepada Bupati untuk disediakan peralatan medis yang memadai di setiap Puskesmas.

Baca Juga :  Dinkes Konsel Gelar Sosialisasi KIE Keamanan Pangan

Selain itu Bupati juga diminta untuk menyediakan fasilitas mobil Ambulance, kendaraan roda empat dan roda dua serta speed boat untuk wilayah Puskesmas yang membutuhkan fasilitas tersebut.

“Jadi sekarang ini tidak ada lagi alasan untuk tidak tertanganinya keluhan kesehatan masyarakat, sekaligus diharapkan dapat lebih meningkatkan standar layanan kesehatan hingga ke pelosok desa sesuai dengan maksud dari tagline ‘Desa Maju Konsel Hebat’ khususnya terdepan di bidang kesehatan,” tutur Surunuddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Konsel dr. Maharayu, M.Kes., menjelaskan bahwa sumber anggaran pengadaan transportasi tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi dan DAK Reguler Tahun 2020 Dinas Kesehatan Konsel.

Baca Juga :  Seorang Dokter Gigi di Kabupaten Konsel Meninggal Akibat Covid-19

“Seharusnya penyerahan mobil Ambulance ini berjumlah 7 unit, namun 2 unit kendaraan jenis double cabin untuk Puskesmas Kecamatan Laonti dan Promkes masih sedang dalam tahap karoseri,” jelas Maharayu.

Selain itu, Maharayu mengatakan bahwa pihak Dinas Kesehatan Konsel telah menyerahkan sebanyak 30 unit kendaraan roda dua di berbagai Puskesmas se- Kabupaten Konsel.

“Untuk transportasi laut yang berjumlah 2 unit yang diperuntukkan bagi Desa Bungin dan Desa Wawosunggu sedang dalam pengerjaan. Semua ini merupakan bukti kepedulian Bupati Surunuddin terhadap peningkatan kualitas dan pelayanan kesehatan di Kabupaten Konsel,” tutupnya.

(AMN)

498

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed