oleh

Para Kontestan Cabup Cawabup Ikuti Debat Pilkada Konsel 2020

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar debat kandidat dengan menghadirkan ketiga Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Konsel, bertempat di Wonua Monapa Resort, Sabtu, (28/11/2020).

Debat publik tersebut dengan mengusung tema ‘Mewujudkan Konawe Selatan Yang Berdaya Saing Melalui Optimalisasi Pelayanan Publik,  Pemanfaatan Sumber Daya dan Penguatan Kearifan Lokal Menuju Masyarakat Sejahtera’.

Ketiga Paslon tampak mengikuti debat ini, yakni Paslon nomor urut 01, Rusmin Abdul Gani – Senawan Silondae (RAG-SS), Paslon nomor urut 02,  Surunuddin Dangga – Rasyid (SUARA), dan Paslon nomor urut 03, Muh Endang – Wahyu Ade Pratama (EWAKO).

Dalam debat tersebut, masing-masing Paslon menyampaikan visi dan misi yang mereka usung untuk 5 tahun mendatang jika terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Konsel.

Baca Juga :  Sebanyak 5.688 Petugas KPPS Menunggu Hasil Rapid Test

Visi dan misi Paslon nomor urut 1, RAG-SS diantaranya melaksanakan pelayanan unggul, sumber daya yang unggul, ekonomi yang unggul dengan 4 pilar yang menopang visi dan misi tersebut, yakni Kampung Industri Pertanian, Kampung Industri Kreatif,  Kampung Cerdas, dan Kampung Lestari.

“Semua ini akan mewujudkan program unggulan kita, membuka 30 ribu lapangan kerja bagi masyarakat Konsel, 2 ekor sapi bagi 40 KK di setiap desa potensial, peningkatan produksi padi sawah, khusunya gabah dari 4 ton menjadi 6 ton, dan bantuan modal teknologi pertanian dan akses pasar bagi nelayan tangkap,” sebut Rusmin.

Sementara visi dan misi yang di sampaikan oleh Paslon nomor urut 02, Surunuddin Dangga – Rasyid yakni sejahtera dan unggul berbasis pedesaan masih relevan untuk dilanjutkan.

“Selain mendapat pengakuan dari lembaga dan kementerian kami juga mendapat apresiasi dari visi dan misi pasangan calon untuk itu kami mengucapkan terima kasih, sehingga kami berkeyakinan dapat melanjutkan pembangunan konawe selatan ke arah yang lebih baik pada tahun 2021-2026,”  ungkap Surunuddin.

Baca Juga :  Bawaslu Koltim Gelar Sosialisasi Perundang-Undangan Pemilu Serentak 2024

Ditambahkan oleh Rasyid, misi dari  pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Konsel Surunuddin – Rasyid yakni menjadikan Konsel basis ekonomi pedesaan, sejahtera, unggul dan amanah.

“Empat misi kami untuk pembangunan Konsel periode 2021-2026 yaitu melanjutkan pengembangan sumber daya manusia, penguatan dan pengembangan basis perekonomian inklusif dan berkelanjutan, penguatan tata kelola pemerintahan dan keuangan daerah, dan pengembangan infrastruktur berdasar dan wilayah untuk menopang konektivitas,” imbuhnya.

Sedangkan Pasangan Nomor urut 03, Muh Endang – Wahyu Ade Pratama dalam membacakan visi dan misi yakni
Jika dipercaya oleh masyarakat Konawe Selatan maka yang akan menjadi fokusnya adalah sektor pertanian,perikanan, perkebunan, peternakan dan UKM.

“Masalah utamanya di sini adalah rendahnya nilai tambah, harga jual lebih murah daripada nilai biaya produksi, UKM kita modal pasar dan skil akan kami intervensi dengan anggaran kebijakan pendampingan, pelatihan dan pendidikan,” sebut Endang.

Baca Juga :  KPU Konsel Tuntaskan Pelipatan Surat Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020

“Kami juga akan menyiapkan beasiswa putra putri Konawe Selatan, mendirikan asrama mahasiswa dan  memperkuat kapasitas kualitas mutu tenaga pengajar dengan memperbaiki sarana dan prasarana belajar,” imbuhnya.

Selain itu, Endang menambahkan bahwa terkait masalah kesehatan, pihaknya akan menyiapkan BPJS bagi warga yang kurang mampu, juga akan memastikan ketersediaan obat terutama di daerah-daerah terpencil seperti di Kecamatan Laonti.

“Kami akan memastikan adanya perawat setiap 1 desa untuk mengisi Pustu, karena selama ini masih banyak yang kosong dan kami juga akan memperbaiki fasilitas kesehatan, termasuk penerima jaminan persalinan. Kemudian infrastruktur dasar masih ada 800 KM jalan kabupaten yang rusak begitu juga provinsi maupun jalan nasional,” tutupnya.

Editor : Agus

188

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed