Di Penghujung Tahun 2020, Pemda Konsel Diganjar Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Di penghujung tahun 2020 ini, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), diganjar penghargaan Kabupaten Peduli HAM (Hak Asasi Manusia) dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Penghargaan tertinggi dari Kemenkumham ini merupakan penghargaan yang ke-4 kalinya yang di raih oleh Pemda Konsel secara berturut-turut sejak tahun 2017 hingga sekarang ini.

Dengan penghargaan secara berturut-turut ini menandakan bahwa Pemda Konsel dibawah kepemimpinan Bupati  Surunuddin Dangga, dan Wakil Bupati Arsalim Arifin memiliki komitmen yang tinggi untuk terus mengupayakan pemenuhan hak dasar bagi masyarakatnya, khususnya di bidang HAM.

Pengumuman keberhasilan Pemda Konsel dengan total nilai capaian sebesar 84.32 point ini disampaikan pada peringatan Hari HAM Sedunia yang ke -72 Tahun 2020 secara virtual yang dipimpin oleh Menkumham Prof Yasonna Laoly di Jakarta, bersamaan dengan 259 Kabupaten/Kota secara nasional dan 9 Kabupaten/Kota se-Sultra.

Sementara Plakat Penghargaan di terima langsung oleh Bupati Surunuddin Dangga yang diserahkan oleh Gubernur Sultra Ali Mazi, mewakili Menkumham RI didampingi Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas dan Kepala Kantor Kemenkumham Sultra, Sofyan usai mengikuti rapat virtual di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra, Senin (14/12/2020).

Turut mendampingi pada acara penerimaan penghargaan, yakni Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pujiono dan Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Setda Konsel Erna Yustiana.

Baca Juga :  Sebanyak 204 CPNS lingkup Pemda Kolaka Dilantik dan Diambil Sumpahnya

Gubernur Sultra Ali Mazi menyampaikan bahwa momentum peringatan HAM sedunia ini sebagai wujud penghormatan, penegakan dan perlindungan HAM dalam kehidupan bermasyarakat, yang merupakan tanggung jawab pemerintah baik Pusat, Provinsi maupun Pemerintah Kab/Kota.

“Terkait prestasi yang telah diraih, saya mengucapkan selamat dan sukses serta apresiasi kepada para Bupati termasuk Kabupaten Konawe Selatan, karena telah mengantarkan daerahnya sebagai Kota peduli penegakan HAM, sekaligus berharap agar kedepan seluruh Kab/Kota dapat meraih prestasi yang sama,” katanya.

Sementara saat ditemui usai menerima penghargaan, Bupati Konsel Surunuddin menyampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada semua pihak atas sinergitas yang terbangun.

“Yang menunjukkan bahwa di wilayah Konsel merupakan daerah yang aman dan ramah yang peduli atas hak kesehatan, pendidikan, pekerjaan, perumahan, kependudukan dan hak atas perempuan dan anak serta lingkungan yang berkelanjutan,” ungkap Surunuddin.

“Semoga prestasi ini bisa jadi motivasi bagi kita semua, yang wajib kita pertahankan dan tingkatkan agar di tahun mendatang bisa lebih baik terkhusus pada kepedulian dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Perlu diketahui bahwa selain Kabupaten Konsel terdapat juga Kab/Kota se-Sultra lainnya yang meraih predikat yang sama, yakni Kabupaten Buton, Buton Selatan, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Konawe Kepulauan, Konawe Utara, Muna Barat dan Wakatobi. Sedangkan predikat Kabupaten Cukup Peduli HAM diberikan kepada 5 Kabupaten yakni Bombana, Buton Tengah, Buton Utara, Muna dan Kota Bau-Bau.

Baca Juga :  Ikut Andil dalam Upaya Pencegahan Covid-19, Mahasiswa PSPPA UHO Edukasi Prokes kepada Masyarakat Pesisir

Editor : Agus 494

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *