oleh

KPU Konsel Tetapkan Hasil Perolehan Suara Pilkada 2020, Surunuddin – Rasyid Peroleh Suara Terbanyak

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), menetapkan hasil rekapitulasi dan perolehan suara dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Konsel pada Pilkada serentak tahun 2020, bertempat di Aula BLK Punggaluku,  Rabu (16/12/2020).

Ketua KPU Konsel Aliudin mengatakan bahwa rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil perolehan suara dalam Pilkada tahun 2020 ini digelar selama dua hari, yang dimulai pada hari Selasa (15/12) hingga Rabu (16/12) dini hari.

Baca Juga :  KPU Konsel Nyatakan Siap Selenggarakan Pilkada 2020

“Rapat pleno ini dimulai sejak kemarin, Selasa 15 Desember 2020 dan ditetapkan pada Rabu 16 Desember 2020, dini hari tadi sekitar pukul 05.00 Wita,” jelas Aliudin.

Dalam penetapan hasil perolehan suara, Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 2, Surunuddin Dangga – Rasyid memperoleh suara terbanyak dibandingkan kedua pesaingnya.

Paslon Surunuddin – Rasyid mendapatkan 75.985 suara, sedangkan Paslon Muh. Endang – Wahyu Ade Pratama dengan nomor urut 3 mendapatkan 73.459 suara, dan Paslon Rusmin Abdul Gani – Senawan Silondae dengan nomor urut 1 mendapatkan 20.606 suara.

Baca Juga :  KPU Konsel Tuntaskan Pelipatan Surat Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020

“Untuk jumlah suara sah sebanyak 170.050 suara dan suara tidak sah sebanyak 1.952, sehingga total jumlah suara sah dan tidak sah sebanyak 172.002,” ucap Aliudin.

“Rekapitulasi suara ini ditetapkan pada hari ini, dengan mengucapkan Bismillah, keputusan ini mulai berlaku dan ditetapkan di Andoolo, pada tanggal 16 Desember 2020,” kata Aliuddin sambil mengetuk palu sidang tanda penetapan.

Baca Juga :  Maju di DPRD Sultra, Hermawan Perkuat Konsolidasi Team Kerja

Aliudin menambahkan untuk penetapan pasangan calon terpilih, KPU Konsel masih menunggu jika ada pihak yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) atas sengketa hasil Pilkada Konsel 2020.

“Jika ada yang menggugat, maka kami menunggu dulu keputusan dari Mahkamah Konstitusi, namun jika tidak ada yang menggugat, maka KPU Konsel bakal menetapkan pasangan calon terpilih tiga hari setelah MK mengumumkan bahwa tidak adanya gugatan,” tutupnya.

Penulis/Editor : Agus

821

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed