Forum Kiai Sultra Bakal Bentuk Kepengurusan di Setiap Kabupaten dan Siap Bangkitkan Perekonomian Ummat

LAYARSULTRA.COM, KENDARI – Forum Kiai Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar rapat kerja pengurus guna merancang program kerja organisasi, bertempat di Sekretariat Forum Kiai Sultra, BTN Membiri, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari, Jumat (15/1/2021).

Rapat program kerja tersebut dihadiri oleh Ketua Umum Forum Kiai Sultra, K. Nurkholis, S.Pd., Sekretaris Umum, K. Nurwahyudin, S.Pd., M.Pd., masing-masing Ketua Divisi dan sejumlah Pimpinan Pondok Pesantren.

Ketua Forum Kiai Sultra, Kiai Nurkholis mengatakan bahwa untuk memaksimalkan jalannya organisasi forum ini maka perlu diadakan rapat atau musyawarah kerja di lingkup pengurus, sebagaimana rapat yang digelar pada hari ini.

“Forum Kiai Sultra ini harus kita maksimalkan, oleh karenanya kita adakan rapat pengurus untuk membahas terkait program-program kerja kita kedepannya,” ucap Pimpinan Ponpes Nurul Hidayah Al Mincis, Kabupaten Kolaka ini.

Kiai Nurkholis juga mengungkapkan bahwa dalam forum ini telah tergabung para kiai, ustadz serta pimpinan pondok pesantren dari berbagai kalangan organisasi keagamaan yang ada di wilayah Sulawesi Tenggara.

“Dalam forum ini terdapat berbagai unsur, ada kiai atau ustadz yang dari NU, Muhammadiyah, Wahdah Islamiah, Jamaah Tablig, Salafi, NW, MUI, dan lain sebagainya. Forum ini merupakan wadah para ulama yang ada di Sultra dengan tujuan untuk kemaslahatan ummat,” jelasnya.

Baca Juga :  Pengurus DPW MOI Sultra Lakukan Silaturahmi ke Wakil Gubernur Lukman Abunawas

Sementara itu, Kiai Nurwahyudin selaku Sekretaris Umum menyampaikan beberapa kesimpulan atas hasil kesepakatan dari beberapa usulan yang disampaikan oleh para Ketua Divisi maupun Pimpinan Pondok Pesantren pada rapat tersebut.

“Berdasarkan dari beberapa usulan dan masukan, maka program kerja yang telah disepakati terbagi menjadi dua, yang pertama program kerja jangka pendek, diantaranya yakni usulan terkait sekretariat tetap untuk Forum Kiai Sultra dengan mencari tempat yang strategis dan mudah dijangkau,” kata Kiai Nurwahyudin.

Selain itu, Forum Kiai Sultra juga akan melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat, salah satunya dengan membangkitkan sektor perekonomian ummat dengan membuka usaha-usaha mikro yang nantinya bakal dikelola di bawah naungan organisasi forum ini.

Kiai Nurwahyudin juga menambahkan bahwa untuk program kedua dari Forum Kiai Sultra yakni program jangka menengah, salah satunya akan melakukan pengembangan dan perluasan kepengurusan organisasi di tingkat bawah.

“Program jangka menengah kita, diantaranya akan dibentuk kepengurusan Forum Kiai Sultra di tiap-tiap kabuoaten yang ada di wilayah Sulawesi Tenggara, bahkan nantinya jika telah berkembang maka akan dibentuk juga kepengurusan untuk kecamatan hingga ke tingkat desa atau kelurahan,” ujar Pimpinan Pondok Gontor Putri, Konda ini.

Baca Juga :  Pj Bupati Koltim Buka Kegiatan Orientasi CPNS yang Diikuti 143 Peserta

Reporter : Agus 1126

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *