oleh

Terbukti Melanggar Undang Undang Pilkada, Seorang ASN di Konsel Masuk Penjara

-Hukrim-3,183 views

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Seorang ASN (Aparatur Sipil Negara) berinisial N yang bertugas di Dinas Kependudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), terbukti telah melakukan tindak pidana pelanggaran Pemilu dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Konsel pada 9 Desember tahun lalu.

Kejaksaan Negeri Konsel pun melakukan penahanan terhadap N yang terbukti dengan sengaja melakukan tindakan yang menguntungkan salah satu pasangàn calon (Paslon) selama masa kampanye di Pilkada serentak tahun 2020.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Konsel, Ramadan mengatakan bahwa N dalam dakwaannya terbukti melanggar Pasal 118 Junto Pasal 711 ayat 1 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Walikota.

Serta telah melanggar Pasal 21, 27, 193, 241 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang KUHAP dan melanggar peraturan perundang-undangan lainnya.

Baca Juga :  Masyarakat Dusun Tanah Goyang Digegerkan dengan Ditemukannya Seorang Warga Tak Bernyawa Bersimbah Darah di Kediamannya

“Berdasarkan putusan hakim di Pengadilan Tinggi Sultra, tersangka akan menjalani pidana penjara selama 2 bulan 15 hari dan denda sebesar 1 juta rupiah subsider 2 bulan kurungan penjara setelah pengadilan melakukan putusan inkrah,” kata Ramadan saat menggelar konferensi pers, Selasa (9/2).

Ramadan menambahkan bahwa sebelumnya telah ada putusan dari Pengadilan Negeri (PN) Andoolo yang menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa selama 1 bulan penjara.

Namun Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyatakan banding di Pengadilan Tinggi Sultra dan hakim memutuskan menyatakan terdakwa terbukti bersalah serta menjatuhkan hukuman selama 2 bulan 15 hari kurungan dan denda sebesar 1 juta rupiah.

“Dan atas putusan dari pengadilan tinggi tersebut, maka pihak Kejari Konsel langsung melaksanakan eksekusi dengan melakukan penahanan terhadap N di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kota Kendari,” imbuhnya.

(Redaksi)

3182

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed