oleh

Peringati Isra’ Mi’raj, Ponpes Nurul Hidayah Al Mincis Gelar Pengajian Umum

Pengajian umum sekaligus dirangkaikan dengan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Masjid Ponpes Nurul Hidayah Al Mincis Kolaka

LAYARSULTRA.COM, KOLAKA – Dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Hidayah Al Mincis Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar pengajian umum, Sabtu (13/3/2021).

Pengajian tersebut dipusatkan di Masjid Ponpes Nurul Hidayah Al Mincis yang terletak di Desa Rahabite, Kecamatan Toari, Kabupaten Kolaka, dengan dihadiri oleh seluruh santri putra dan putri serta ratusan jamaah masyarakat umum dari berbagai kalangan.

Para santri serta ratusan jamaah pun tampak dengan khidmat menyimak serta menghayati isi ceramah hikmah kajian rutin dan peringatan Isra’ Mi’raj yang dibawakan oleh Kiai Nurkholis, Abah Kiai Suhardiman dan Abah Kiai Syaifuddin Zuhri.

Baca Juga :  Semarak Pekan Ramadhan BEM FMIPA UHO Periode 2022-2023 Sukses Terlaksana, Peserta Antusias Ikuti Lomba

“Peristiwa Isra’ Mi’raj ini sangat penting bagi umat Islam. Rasulullah SAW saat itu diperjalankan dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina. Kemudian Rasulullah SAW naik ke Shidratul Muntaha dalam waktu satu malam. Peristiwa ini hanya dapat diyakini dengan iman,” kata Abah Kiai Suhardiman dalam ceramahnya.

“Dari peristiwa tersebut dapat dipetik hikmah tentang hablum minannas dan hablum minallah (hubungan dengan sesama manusia dan hubungan dengan Allah). Dan dalam peristiwa ini lah, Rasulullah menerima perintah sholat lima waktu. Melalui sholat, konektivitas manusia dengan Allah SWT akan terus tersambung,” imbuhnya.

Baca Juga :  Forum Kiai Sultra Bakal Bentuk Kepengurusan di Setiap Kabupaten/Kota se-Sultra

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Nurul Hidayah Al Mincis, Kiai Nurkholis mengatakan bahwa pengajian ini sebenarnya merupakan pengajian rutin selapanan (setiap 35 hari sekali) yang selalu digelar pada malam Sabtu pon (hitungan kalender jawa).

“Namun karena bertepatan juga dengan bulan Rajab, maka pengajian kali ini sekalian kita rangkaikan dengan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW,” kata kiai muda yang ramah dan humoris ini.

Baca Juga :  STQH ke-III Tingkat Kabupaten Kolaka Resmi Ditutup

Dengan memperingati Isra’ Mi’raj ini, Kiai Nurkholis berharap agar kita semua dapat mengambil hikmah yang terkandung dalam peristiwa Isra’ Mi’raj yang di alami oleh Rasulullah SAW.

Salah satu hikmah dalam memperingati Isra’ Mi’raj adalah anjuran untuk mengimplementasikan nilai-nilai ibadah sholat dalam kehidupan sehari-hari. Ibadah sholat menempati posisi sangat utama dalam ajaran Islam.

“Dalam hadits, sholat diibaratkan sebagai tiang agama serta dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar. Sholat juga dapat mendidik seorang muslim untuk menjadi pribadi yang bersih, jujur, sabar dan disiplin,” ucap Ketua LBMNU Sultra serta Ketua Umum Forum Kiai Sultra ini.

Reporter : Agus

326

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed