Koltim  

Saat Musrenbang, Bupati dan Wakil Bupati Nyatakan Siap Wujudkan Kebutuhan Masyarakat Koltim

Bupati dan Wakil Bupati beserta rombongan saat hadiri musrenbang tingkat kecamatan di Kabupaten Koltim

LAYARSULTRA.COM, KOLTIM – Saat membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), Bupati Samsul Bahri Madjid bersama Wakil Bupati Andi Merya Nur menyatakan siap mewujudkan kebutuhan masyarakat Koltim.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Koltim Hj. Rahmatia Lukman beserta sejumlah Anggota DPRD Koltim, Ketua TP-PKK Koltim Hj. Diana Samsul Bahri, serta pimpinan OPD dan perwakilan masyarakat, yang bertempat di GOR Kelurahan Atula, Senin (15/3/2021).

Selain itu, Bupati Samsul Bahri juga menyampaikan jika program atau kegiatan strategis yang diharapkan dapat memberdayakan masyarakat di Koltim, seperti peningkatan produktifitas pertanian, perkebunan, penguatan UMKM, dan peningkatan perekonomian masyarakat.

“Demikian juga urusan strategis lainnya seperti pendidikan, kesehatan pembangunan potensi pariwisata, serta pembangunan infrastruktur perdesaan dan perkotaan yang berkualitas seperti jalan, jembatan, irigasi dan listrik yang perlu mendapatkan prioritas dalam upaya mewujudkan kesejahteraan bersama masyarakat Koltim yang agamis, maju mandiri dan berkeadilan,” ucap Samsul Bahri.

Untuk mewujudkan agenda pembangunan tersebut, maka ditetapkan tema pembangunan tahun 2022 yakni ‘Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Sektor Unggulan dan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Dasar’.

“Dengan dasar isu strategis tersebut, prioritas rencana kerja Pemerintah Daerah (Pemda) Koltim tahun 2022 diarahkan pada peningkatan akses pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan, percepatan pembangunan infrastruktur, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui sektor pertanian, pariwisata, dan kesempatan kerja, pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan budaya serta tata kelola pemerintahan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pj Bupati Koltim Lepas 60 Jamaah Calon Haji Asal Kabupaten Koltim

Dengan prioritas rencana kerja tersebut, diharapakan dapat menuntaskan 10 misi yang akan diselesaikan secara bertahap dan berkelanjutan selama 5 tahun dalam menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Koltim.

“Saya bersama Ibu Wakil Bupati tentunya tidak bisa berjalan sendiri, namun semangat dan dukungan dari kita semua akan menjadi motivasi bagi pencapaian cita-cita kita mewujudkan sejahtera bersama masyarakat. Dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, mengamanatkan adanya keterpaduan antara aspek politis, teknokratis dan aspiratif (bottom up),” jelas Bupati Samsul Bahri.

Bupati juga menambahkan bahwa tahapan musrenbang tingkat kecamatan ini merupakan rangkaian dari proses penyusunan rencana kerja pemerintah dan menjadi wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan aspiratif, sebagai sebuah proses tahunan.

Dan melalui musrenbang ini diharapkan dapat menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan situasi, kondisi dan perkembangan terkini di Kabupaten Koltim.

Karena dengan dukungan kondusifitas wilayah serta komitmen dari semua stakeholder yang ada di wilayah ini, rencana pembangunan diharapkan dapat memacu petumbuhan investasi skala besar, yang kita harapkan dapat memberi dampak positif, baik bagi pertumbuhan perekonomian daerah maupun ketersediaan lapangan pekerjaan dan akan berpengaruh positif bagi peningkatan daya beli masyarakat ditengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Dan terlebih lagi kita harapkan akan adanya peningkatan pendapatan asli daerah yang menjadi sumber keberlangsungan pembangunan yang kita rencanakan bersama,” tutupnya.

Usai menghadiri musrenbang di Kecamatan Ladongi, Bupati dan Wakil Bupati beserta rombongan melanjutkan musrenbang di Kecamatan Dangia. Hal serupa juga disampaikan oleh Bupati Koltim dihadapan tokoh masyarakat, agama serta perangkat se-Kecamatan Dangia.

Baca Juga :  Pemda Bersama DPRD Koltim Gelar Rapat Paripurna Istimewa Memperingati HUT Kabupaten Koltim ke-9

Dalam pelaksanaan musrenbang ini, tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, dimana setiap yang hadir diwajibkan untuk di ukur suhu tubuh, mencuci tangan serta wajib memakai masker.

(Redaksi)
Sumber : Diskominfo Koltim 468

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *