oleh

Lima Kantor Polsek di Wilayah Konsel Diresmikan oleh Kapolda Sultra Bersama Pj Bupati Konsel

Kapolda Sultra didampingi Kapolres Konsel, Pj Bupati dan perwira Kodim Kendari, meresmikan 5 polsek baru di wilayah Konsel

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya melakukan peresmian lima Kantor Kepolisian Sektor (Polsek) yang ada di wilayah hukum Kepolisian Resor (Polres) Konawe Selatan (Konsel), Kamis (25/3/2021).

Kapolda Irjen Yan Sultra yang didampingi oleh Pj. Bupati Konsel Andi Tenri Rawe Silondae serta Kapolres Konsel AKBP Erwin Pratomo, secara simbolis meresmikan pengoperasian kelima kantor polsek tersebut.

Acara peresmian secara simbolis itu dipusatkan di Polsek Buke, dengan dihadiri oleh jajaran Polres Konsel, perwakilan Kodim Kendari, unsur Forkopimda, camat dan para kepala desa, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda dan unsur lainnya.

Dengan peresmian tersebut kini wilayah hukum Polres Konsel memiliki 5 Kantor Polsek baru dengan type D/Prarural, yang sebelumnya masih berstatus Kepolisian Sub Sektor (Polsubsektor).

Baca Juga :  Pemda Konsel Gelar Peringatan Hari Ibu Yang Ke-92




Kelima Polsek yang baru terbentuk itu masing-masing adalah Polsek Baito, Polsek Mowila, Polsek Buke, Polsek Benua dan Polsek Watumeeto. Sehingga jumlah total sekarang Polsek yang berada dibawah wilayah hukum Polres Konsel sebanyak 18 Polsek.

Persetujuan pembentukan lima Polsek baru ini berdasarkan dari Surat Kapolri Nomor : B/278/II/OTL.1.1.1/2021 tanggal 24 Februari 2021 dan Keputusan Kapolda Sultra pertanggal 8 Maret 2021 Nomor : Kep/96/III/2021 (Baito), Kep/97/III/2021 (Benua), Kep/98/III/2021 (Buke), Kep/99/III/2021 (Mowila), Kep/100/III/2021 (Polsek Watumeeto).

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Konsel Andi Tenri sangat mengapresiasi atas terbentuknya kelima Polsek baru ini. Hal ini menandakan bentuk cerminan dari kedekatan antara aparat kepolisian dengan masyarakat, khususnya dalam menjaga ketertiban dan keamanan dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca Juga :  Enam Raperda di Konsel Resmi Ditetapkan

“Atas nama Pemda Konsel kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas pendirian kantor Polsek baru ini, hal tersebut tentu sangat bermanfaat demi terciptanya situasi kantibmas yang damai dan kondusif,” kata Andi Tenri yang saat itu dipercayakan untuk melakukan pengguntingan pita.

Selain itu, Andi Tenri mengatakan bahwa Kantor Polsek ini sangat penting untuk dididirikan, mengingat Kabupaten Konsel memiliki wilayah terluas dengan jumlah penduduk cukup besar yang tersebar pada 25 kecamatan, 15 kelurahan dan 336 desa, sehingga dengan kehadiran kepolisian dapat mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.

“Ini juga sebagai upaya meningkatkan kemitraan Polri dengan masyarakat untuk menjaga dan memelihara keamanana dan ketertiban, salah satunya dengan terbangunnya silahturahmi antar personel kepolisian dengan seluruh elemen masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  Terkait Oknum Penyebar LPJ-DD untuk Mengancam Kepala Desa, Bupati LSM LIRA Konsel Minta Kasus Ini Diproses Hukum

Sementara itu, Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra juga menyampaikan terima kasih atas bantuan dan dukungan dari Pj. Bupati Konsel bersama seluruh jajaran Pemda Konsel.

“Terima kasih atas dukungannya, semoga dengan naiknya type Polsek ini dapat meningkatkan semangat untuk memberikan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Irjen Yan Sultra.

Hal ini juga sebagai bentuk komitmen dari Polda Sultra, dan merupakan perpanjangan kewenangan kepolisian di wilayah kecamatan dalam upaya memudahkan masyarakat dalam urusan pelayanan kepolisian yang semakin dekat dan semakin baik.

“Semoga dengan peresmian dan dikukuhkannya lima polsek ini, pelayanan semakin baik dan personel dapat lebih termotivasi dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai alat negara dan pemelihara kamtibmas,” tutupnya.

Reporter : Agus

497

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed