oleh

Lakukan Kunker di Konsel, Kepala BKPM RI Harapkan Optimalisasi Potensi SDA Yang Ada

Bahlil Lahadalia (kanan) didampingi Ali Mazi (tengah) dan Andi Tenri (kiri)

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia (BKPM RI) Bahlil Lahadalia melakukan kunjungan kerja (kunker) ke sejumlah daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Usai menghadiri kegiatan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Kota Kendari, Sultra, Bahlil Lahadalia pun melanjutkan agenda kunjungan kerjanya di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sultra, Rabu (31/3/2021).

Dalam kunker ke Kabupaten Konsel, Bahlil turut didampingi oleh Gubernur Sultra Ali Mazi dan Pj Bupati Konsel Andi Tenri Rawe Silondae, Sekda Sjarif Sajang dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel.

Kunjungan Bahlil ke Kabupaten Konsel dilakukan dalam rangka untuk melihat langsung potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki di daerah Konsel, khususnya di sektor pertambangan. Sebelumnya Bahlil telah meninjau potensi aspal yang ada di Kabupaten Buton.

Baca Juga :  Jalan Rusak Tak Kunjung Diaspal, Aliansi Masyarakat Desa Watumerembe Blokade Jalan Kendari-Andoolo

Salah satu tujuan kunker Bahlil di Konsel yakni perusahaan tambang PT. Ifishdeco serta PT. Bintang Smelter Indonesia (BSI).

Dalam kunker tersebut, Bahlil mengharapkan agar potensi sumber daya alam yang dimiliki agar dapat dimaksimalkan pengelolaannya.

“Untuk memaksimalkan hal itu, tentunya harus ada sinergitas antara perusahaan dengan pemerintah setempat, demi menjaga iklim investasi dan kemajuan serta pertumbuhan ekonomi daerah,” kata Bahlil.

Selain itu, Bahlil juga menyinggung tentang penataan ulang izin pertambangan (IUP) yang ada di Sultra ini termasuk di Konsel.

“Kita akan cek kembali dan tertibkan IUP yang telah keluar, agar pemiliknya bisa lebih peduli dan disiplin serta mengoperasikan perusahaannya demgan baik,” imbuhnya.

Baca Juga :  Kapolri Tinjau Vaksinasi Massal Berhadiah di Ranomeeto, Bupati Konsel Turut Mendampingi

Menurut Bahlil, hal itu sangat krusial karena dapat membantu kenaikan persentase pendapatan daerah dan terciptanya lapangan kerja baru yang berdampak meningkatnya kesejahteraan masyarakat serta pertumbuhan ekonomi di daerah.

Sementara itu, Pj Bupati Konsel Andi Tenri mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Kepala BKPM RI, hal ini menunjukkan kepedulian dan komitmen pemerintah pusat dalam membantu memajukan daerah.

Andi Tenri memaparkan bahwa selain pertambangan, di Kabupaten Konsel juga memiliki banyak potensi SDA, seperti di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan kehutanan. Untuk itu, ia berharap dengan kehadiran Kepala BPKM ini dapat menjadi spirit baru dalam pengembangan dan optimalisasi potensi yang dimiliki.

Baca Juga :  Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Wakil Bupati Konsel Minta OPD Genjot Pendapatan Daerah

“Kita berharap dengan kedatangan Kepala BKPM RI ini dapat memacu iklim investasi yang sehat di Kabupaten Konsel dengan memanfaatkan dan memaksimalkan seluruh potensi yang dimiliki oleh daerah,” ungkapnya.

Sedangkan terkait penertiban IUP, Andi Tenri menyambut baik atas kebijakan itu, karena Kabupaten Konsel salah satu daerah di Sultra yang memiliki ijin operasional perusahaan swasta yang kurang produktif.

“Dengan penataan izin usaha tentu dapat berkontribusi membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah. Namun tetap dibarengi dengan pengawasan dampak lingkungan demi meminimalisir ancaman kerusakan di masa mendatang,” tutupnya.

Reporter : Agus

166

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed