oleh

Wakili Kecamatan Baito, Pemdes Tolihe Berharap Juara I Dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten Konsel

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Memasuki hari ketiga dalam Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, tim penilai dari Tim III melakukan penilaian di Desa Tolihe, Kecamatan Baito, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (31/03/2021).

Rombongan Tim III yang diketuai oleh Alimun, S.Ag., yang juga Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Konsel ini disambut oleh Camat Baito Hariyanto Liambo, SP., M.PWK., dan Kepala Desa Tolihe Waminarsih, S.Pd.

Alimun mengatakan bahwa penilaian lomba desa yang dilakukan ini bukan hal yang baru, sebab telah berjalan setiap tahunnya di Kabupaten Konsel bahkan di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Konsel 2021 Resmi Ditutup

Dalam penilaian lomba desa ini penilaiannya mengacu pada Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 Tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, dengan tujuan dilakukan lomba desa ini untuk mengevaluasi sekaligus mendorong serta memotivasi masyarakat agar berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan desa.

“Secara umum aspek penilaian sama, yaitu dari aspek pemerintahan, kemasyarakatan dan kewilayahan. Kita berharap bahwa lomba desa ini betul-betul dijadikan sebagai ajang untuk memperlihatkan hasil pembangunan oleh desa selama dua tahun terakhir,” kata Alimun.

Selain itu, Pemda Konsel juga sangat mengharapkan ada inovasi yang dimunculkan di desa sehingga dapat menjadi nilai tawar yang tinggi dalam rangka untuk membantu Pemerintah Desa mempercepat pelaksanaan pembangunan kemasyarakatan dan pemberdayaan di desa masing-masing.

Baca Juga :  PBVSI Konsel Sukses Selenggarakan Turnamen Bola Voli

“Lomba desa ini sasarannya bukan hanya antar desa saja tapi yang paling penting adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat menjadi prioritas, sehingga ketika peningkatan kesejahteraan betul terjadi yang diuntungkan juga adalah Pemerintah Kabupaten Konsel,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Baito Hariyanto Liambo berharap dalam penilaian lomba desa kali ini, Desa Tolihe bisa menjadi yang terbaik dan mewakili Kabupaten Konsel di tingkat provinsi.

Baca Juga :  Polres Konsel Resmi Buka Pendaftaran Taruna Akpol dan Bintara Gelombang II Tahun 2022, Ayo Segera Daftarkan Diri Anda!

“Kami berharap Desa Tolihe menjadi desa terbaik dalam Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten Konsel, sehingga bisa mewakili di tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara,” harap Hariyanto.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Tolihe Waminarsih juga mengharapkan dukungan dari semua pihak dan para stakeholder, termasuk dukungan dari para kepala desa lainnya untuk memberikan semangat dan motivasi dalam menyukseskan lomba desa tingkat kabupaten ini.

“Untuk lomba desa tahun ini saya optimis bisa meraih juara I dan desa kami siap untuk mengikuti lomba desa tingkat provinsi nantinya bila mendapat juara I,” ucapnya.

(Redaksi)

198

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed