oleh

Jokowi Tidak Sempurna, Namun Mampu Memberikan Aksi Nyata yang Lebih Baik dari Pemimpin Sebelumnya

Didin Ardiansyah Asril

Penulis : Didin Ardiansyah Asril

Presiden Joko Widodo memang memiliki ketidaksempurnaan dalam memimpin Republik Indonesia, namun hal itu masih dirasakan lebih baik kepemimpinan Joko Widodo daripada pemimpin sebelumnya.

Saya melihat apa yang dilakukan oleh Pak Jokowi tentu tidak sempurna. Tapi, jauh lebih baik dari sebelum-sebelumnya, dan hasilnya itu nyata.

Menurut saya, saat Jokowi membangun jalan raya, jembatan dan infrastruktur lainnya banyak yang nyinyir. Memang, nyinyirisme ini sebagai paham baru bahwa apa yang disampaikan atau dikerjakan seorang pemimpin itu tidak ada untungnya. Bahkan, sebagian kalangan hanya bisa memaki-maki saja.

Baca Juga :  SIKKATO, Program Legacy HARUM yang Tak Diteruskan oleh SUSI

Nah, semestinya yang bisa menerjemahkan adalah kita yang di daerah, itulah yang hari ini suara harus kita edukasi. Tentu saja ketidaksempurnaan itu kita mesti jangan selalu baperan ketika ada mereka yang memberi koreksi kepada kita.




Seperti ketika pembangunan infrastruktur jalan tol, jembatan, bendungan dan lainnya yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di sejumlah daerah. Ada beberapa kepala daerah baik bupati atau wali kota yang beranggapan bahwa kampungnya nanti bakal menjadi kota mati.

Baca Juga :  Masa Depan Pemuda dan Alumni-Alumni Kampus di Sultra

Padahal pemikiran seperti itu keliru. Mestinya kepala daerah berfikir positif dengan adanya jembatan atau jalan tol yang dibangun itu dapat mempermudah akses.

Dengan adanya jembatan atau tol kita seharusnya berfikir aksesnya lebih gampang, seperti pembangunan Jembatan Teluk Kendari yang menghubungkan sisi kawasan Kota Lama dengan Kecamatan Poasia.

Yang mana mereka sebelumnya harus menyeberangi Teluk Kendari menggunakan perahu atau memutari Teluk Kendari sejauh kurang lebih 20 kilo meter.

Namun sejak adanya Jembatan Teluk Kendari tersebut masyarakat dapat memangkas waktu tempuh dari sebelumnya memerlukan waktu sekitar 30 menit, sekarang hanya memerlukan waktu sekitar 3 menit perjalanan saja.

Baca Juga :  Post-Truth Ditengah Vaksinasi Covid-19

Maka, kalau kita berbicara outcome dari pembangunan infrastruktur seorang Pak Jokowi, sebenarnya pertumbuhan ini mulai muncul luar biasa. Tentu saja, pada saat yang sama pukulan keras terjadi karena adanya pandemi COVID-19.

Catatan : Didin Ardiansyah Asril, merupakan mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) dan seorang kader dari Himpunan Mahasiswa Samaturu Sulawesi Tenggara (Himsamu Sultra)

787

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed