oleh

DPRD Konsel Akan Segera Panggil PT CAM Terkait Bau Limbah Pabrik Yang Resahkan Warga

Budi Sumantri (tengah) saat melihat langsung pembuangan limbah PT CAM

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Setelah mendapatkan aduan masyarakat terkait bau limbah yang berasal dari pabrik tepung tapioka milik PT Cipta Agung Manis (CAM) yang berada di Desa Wunduwatu, Kecamatan Andoolo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), akhirnya pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konsel pun turun lapangan.

Terlihat beberapa Anggota DPRD Konsel dari Daerah Pemilihan (Dapil) setempat yakni Budi Sumantri, Mbatono, Ahmad Muhaimin dan Joko Suprihatin turun ke lokasi pabrik untuk melihat langsung pembuangan limbah yang menimbulkan bau dan cukup mengganggu masyarakat itu.

Baca Juga :  Jelang Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polres Konsel Gelar Bimtek Latihan Pra Operasi Lilin Anoa 2021

Dari hasil survey di lapangan, Budi Sumantri yang mewakili Anggota DPRD lainnya, mengatakan bahwa bau busuk limbah tersebut cukup menyengat hingga tercium ke pemukiman warga di Desa Wunduwatu, Papawu, Anese, Mataiwoi, Bumi Raya dan sekitarnya.

“Kemungkinan bau busuk tersebut timbul karena adanya kebocoran dari kolam penampung bakteri atau biogas yang konstruksinya tidak maksimal,” kata Budi usai mengecek langsung penampungan limbah, Rabu (28/4/2021).

Dan pihaknya pun akan segera melakukan pemanggilan terhadap manajemen PT CAM dan pihak-pihak terkait untuk melakukan penjelasan serta klarifikasi terkait kebocoran penampungan limbah pabrik yang menimbulkan bau busuk cukup menyengat.

Baca Juga :  DPRD Bersama Pemda Konsel Tandatangani KUA-PPAS 2022 dan Penyerahan Raperda Inisiatif

“Pada prinsipnya kita dukung investasi, namun jika seperti ini masalahnya maka harus secepatnya diselesaikan. Kami juga menilai persoalan ini sebagai PR buat Pemda, bahwa dalam Perda RT/RW, Kecamatan Andoolo bukan sebagai kawasan industri. Dan kami sudah mengumpulkan semua perizinannya dari PTSP untuk dipelajari dan dilakukan evaluasi,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini pihaknya akan segera memanggil manajemen PT CAM untuk melakukan evaluasi terkait bau limbah pabrik dan perizinan yang berhubungan dengan Perda RT/RW.

Baca Juga :  Desa Rahamenda Wakili Kecamatan Buke Dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten Konawe Selatan

“Suratnya sudah dibuat, dan Insya Allah kita agendakan hari Rabu pekan depan kita panggil segera manajemen perusahaan dan pihak terkait,” ungkap Irham.

Sementara itu, selaku Manager PT CAM, Roni yang dikonfirmasi via seluler mengaku tidak tahu menahu penyebab bau busuk itu serta dugaan perusahaan yang melanggar Perda RT/RW.

“Saya baru 19 April kemarin disini, masih baru saya jadi tidak tahu menahu tentang itu, menyurat saja pak ke pimpinan, selamat malam,” ujar Roni sembari menutup telepon.

(Agus)

686

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed