Resmi Dilantik Sebagai Bupati Definitif Kolaka Timur, Andi Merya Jadi Bupati Perempuan Pertama di Sultra

Andi Merya Nur saat dilantik oleh Gubernur Ali Mazi

LAYARSULTRA.COM, KENDARI – Setelah menjadi Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kolaka Timur (Koltim) selama kurang lebih 3 bulan, kini Andi Merya Nur secara resmi dilantik menjadi Bupati definitif, Senin (14/06/2021).

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini dipimpin oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi, bertempat di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Andi Merya Nur merupakan Bupati perempuan pertama yang ada di Sulawesi Tenggara. Sebelumnya Andi Merya Nur adalah Wakil Bupati Koltim yang berpasangan dengan Bupati Samsul Bahri Madjid. Namun belum genap sebulan menjabat setelah dilantik, Bupati Samsul Bahri meninggal dunia diduga serangan jantung usai bermain sepak bola pada 19 Maret lalu.

Dalam sambutannya, Gubernur Sultra Ali Mazi mengharapkan kepada Andi Merya Nur untuk dapat membangun sinergitas dengan jajaran birokrasi, forkopimda, swasta, stakeholder terkait dan elemen masyarakat lainnya dalam rangka menggerakkan berbagai program dan kegiatan pembangunan yang akan dijalankan kedepannya.

“Suatu kebanggaan buat kita bahwa saudari Andi Merya sebagai Bupati wanita pertama di Sultra. Dan saya harap saudari dapat bersinergi dengan semua elemen untuk menggerakkan berbagai program serta pembangunan di Koltim,” kata Ali Mazi.

Pelantikan tersebut berdasarkan SK Mendagri Nomor 131.74-1220 Tahun 2021 Tentang Perubahan Ketiga Atas Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.74-74-265 Tahun 2021 Tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten pada Provinsi Sulawesi Tenggara tertanggal 2 Juni 2021.

Baca Juga :  Dua Warga Ladongi Terancam Masuk Bui Gegara Palsukan Sertifikat Vaksin

Hal itu sebagaimana yang disampaikan oleh Plt Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sulawesi Tenggara, Basiran. Ia menambahkan bahwa SK tersebut diperkuat dengan terbitnya Surat Dirjen Otda Kemendagri kepada Gubernur Sulawesi Tenggara Nomor 131.74/3651/OTDA Perihal Penyampaian Keputusan Menteri Dalam Negeri tertanggal 4 Juni 2021.

Sementara itu, Bupati Koltim Andi Merya Nur usai pelantikan mengatakan akan berupaya keras untuk membangun Kabupaten Koltim menjadi lebih baik lagi. Ia mengaku siap melakukan gebrakan dengan bersinergi bersama OPD untuk memaksimalkan sejumlah program yang akan dijalankan.

Selain itu, Andi Merya juga bakal turun langsung ke tiap-tiap kecamatan dan desa-desa untuk menyerap langsung aspirasi dan keinginan masyarakat di Kabupaten Koltim.

“Prioritas kami yakni akan melakukan pembenahan dalam bidang infrastruktur, karena hal itu yang menjadi keluhan utama dari masyarakat,” ungkapnya.

Sedangkan untuk calon Wakil Bupati Koltim yang akan mendampinginya menjalankan roda pemerintahan, Andi Merya mengatakan akan menyerahkan sepenuhnya kepada partai pengusung.

“Untuk Wakil Bupati, saya tergantung dari partai pengusung. Siapa pun orangnya yang penting dapat bersinergi,” tutupnya.

Baca Juga :  Sambut Mahasiswa Baru Asal Samaturu, HIMSAMU Sultra Bakal Gelar Maperca

Reporter : Agus 491

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *