oleh

Para Admin OPD Lingkup Pemda Konsel Ikuti Pelatihan Pengelolaan Aplikasi SP4N-LAPOR

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominfo) menggelar pelatihan admin Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)  dalam bentuk aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

Kegiatan yang digelar selama dua hari ini dipusatkan di lantai II ruang rapat Diskominfo Konsel dan diikuti oleh admin perwakilan dari masing-masing OPD lingkup Pemda Konsel, Kamis (17/6/2021).

Ditemui selaku narasumber kegiatan, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Konsel Rony Sastal, S.Pi., M.Eng., menjelaskan, aplikasi LAPOR merupakan sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang diinisiasi Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP).

Baca Juga :  MUI Konsel Himbau Umat Islam yang Belum Vaksin untuk Tetap Lakukan Vaksin di Bulan Ramadhan

Aplikasi LAPOR diluncurkan untuk meningkatkan partisipasi dan interaksi masyarakat dengan pemerintah dalam rangka pengawasan program pembangunan dan pelayanan publik.

“Kegiatan pembekalan tenaga admin hari ini dalam rangka meningkatkan kecakapan dan kualitas pengelolaan pelayanan publik dengan mengotomatisasi proses penerusan aduan dan pemberian saran disposisi aduan kepada OPD masing-masing melalui system aplikasi dimaksud,” kata Rony.

Baca Juga :  Guna Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Bupati Surunuddin Dorong Percepatan Iklim Investasi di Konsel

Terkait aplikasi SP4N-LAPOR, Rony menambahkan, masyarakat dapat melakukan pelaporan mengenai kondisi terkini infrastruktur pembangunan dan pelayanan pemerintah daerah serta berhubungan dengan kegiatan sosial, seperti jalan rusak, perumahan dan pelayanan publik rumah sakit, puskesmas serta di bidang pendidikan dan lain sebagainya.

“Untuk menyalurkan aspirasi dan pengaduan, masyarakat Konsel silahkan login ke alamat website http://new.lapor.go.id, SMS 1708. Tenaga administrator akan menerima selanjutnya mendisposisikan ke instansi berwenang untuk ditindaklanjuti dengan batas 10 hari pasca masuknya laporan,” ungkap mantan Kabid Pengawasan Dinas Kelautan dan Perikanan Konsel ini.

Baca Juga :  DPRD Konsel Gelar Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Atas RAPBD 2022

Dalam pembekalan para admin SP4N-LAPOR tersebut, turut menjadi pemateri Kepala Seksi Layanan Informasi dan Kemitraan Publik, M Hamdar, S.Sos,. M.Si., dan Kepala Seksi Pengembangan Publik Diskominfo Konsel Umar Papua, S.Si.

Reporter : Agus

144

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed