oleh

Kasus Korupsi PT Toshida, Empat Orang Ditetapkan Menjadi Tersangka

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra) secara resmi menetapkan empat orang tersangka pada kasus tindak pidana korupsi perusahaan tambang nikel PT Toshida dengan modus RKAB dan PNBP.

Asisten Pidsus Kejati Sultra Setyawan Nur Chaliq mengatakan, empat orang tersangka tersebut masing-masing BHR mantan Kepala Dinas ESDM Sultra dan UMR karyawan PT Toshida Indonesia. Keduanya telah ditahan usai menjalani pemeriksaan selama 4 jam di Kejati Sultra.

Baca Juga :  Peluncuran e-Perda Sebagai Kado di Puncak HUT Sultra yang ke-57

“Usai melengkapi Berita Acara Pemeriksaan (BAP), kedua tersangka langsung dibawa ke Rutan Kendari untuk menjalani penahanan selama 20 hari kedepan,” kata Setyawan, Jumat (18/6/2021).

Sementara dua tersangka lainnya yakni YSM mantan Kabid Minerba Dinas ESDM Sultra dan Dirut PT Toshida Indonesia yakni LSO belum menghadiri panggilan jaksa.

Setyawan menambahkan bahwa dua tersangka yang mangkir dari panggilan kejaksaan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi Kendari untuk melakukan pencekalan terhadap kedua tersangka agar mereka tidak keluar daerah atau kabur.

Baca Juga :  Buka Pertemuan Aksi-2 Percepatan Penurunan Stunting, Pj Bupati Koltim Meminta OPD dan Camat Komitmen dengan Kegiatan Tersebut

Sementara itu, Asisten Intelejen Kejati Sultra, Nur Adin, SH., MH.,  menambahkan bahwa kedua orang tersangka yang belum menghadiri panggilan kejaksaan ini akan diperlakukan sama.

“Keduanya akan kita panggil kembali besok dan setelah selesai pemeriksaan yang bersangkutan bakal langsung dilakukan penahanan di Rutan Kendari,” ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa dalam kasus korupsi pertambangan ini negara telah dirugikan sebesar 168 miliar. Kerugian tersebut terhitung dari hasil pengapalan perusahaan sebanyak empat kali.

Baca Juga :  Rapimpurda DPD KNPI Kolaka ke- XV Sukses Digelar, Dihadiri 42 OKP

(Redaksi)

242

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed