oleh

Jalanan Berlumpur Akibat Ditimbun Tanah, Ketua BPD Desa Aopa Minta PT Asmindo Bersihkan Timbunan

Kondisi jalan usai ditimbun tanah oleh PT Asmindo, kini di musim hujan jadi berlumpur

LAYARSULTRA.COM, KENDARI – Akibat dilakukan penimbunan jalan yang berlubang di wilayah Kecamatan Angata, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) oleh PT Asera Mineral Indonesia (Asmindo) beberapa bulan yang lalu, kini di musim hujan jalanan tersebut menjadi berlumpur dan cukup membahayakan keselamatan para pengguna kendaraan.

Hal itu membuat Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Aopa, Kecamatan Angata, Habil Mokora, SP., menyoroti tindakan PT Asmindo yang belum mengantongi izin namun telah melakukan penimbunan jalan untuk memuluskan rencananya menggunakan jalan umum sebagai jalan hauling pengangkutan ore nikel.

Baca Juga :  DPW PPNI Sultra Gelar Muswil ke- VII, Setiap Anggota Berhak Mencalonkan Ketua

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar oleh Komisi III DPRD Sultra, Rabu kemarin (14/7/2021), terkait persoalan PT Asmindo yang berencana gunakan jalan umum untuk hauling, Habil meminta kepada pihak PT Asmindo untuk mengangkut kembali timbunan tanah yang telah dihampar sepanjang ruas jalan yang berlubang.

“Bahasa memperbaiki jalan oleh pihak PT Asmindo itu hanya alibi dan topeng belaka. Buktinya, bukan memperbaiki malah menambah rusak jalan yang ada. Itu bukan perbaikan tapi penimbunan dengan material tanah. Kami ada bukti foto dan videonya,” kata Habil.

Baca Juga :  Peduli Terhadap Pendidikan, ASR Berikan Bantuan 50 Juta di Pondok Pesantren Baiturrahim Kolaka

“Saat hujan, jalanan malah jadi berlumpur becek. Ketika panas matahari, debu yang mendera. Pak Direktur PT Asmindo, tolong itu material timbunan yang sudah dihampar dimuat kembali. Besok kami lewat, jangan lagi ada lumpur dan debu, segera bersihkan,” tegas Ketua BPD Desa Aopa ini di hadapan peserta RDP yang dihadiri oleh Direktur PT Asmindo.

Baca Juga :  Pantau Vaksinasi Massal di Desa Ambesea, Kapolres Konsel Bagikan Bingkisan ke Warga

Dalam RDP tersebut, mayoritas masyarakat Kabupaten Konsel yang tergabung dalam Konsorsium Masyarakat Pemuda dan Mahasiswa Peduli Lingkungan (KMP MPL) secara tegas menolak rencana PT Asmindo yang akan menggunakan jalan umum sebagai jalan hauling.

Penulis/Editor : Agus

813

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed