oleh

Sebanyak 23 Mahasiswa Farmasi UHO Ikuti KKN Tematik, Siap Aplikasikan Ilmu Obat-Obatan kepada Masyarakat dalam Menghadapi Covid-19

Para mahasiswa Farmasi UHO saat ikuti pembekalan KKN Tematik via zoom meeting

LAYARSULTRA.COM, KENDARI – Dalam rangka membantu masyarakat menghadapi pandemi Covid-19, Universitas Halu Oleo (UHO) khususnya Fakultas Farmasi menyelenggarakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik di Kelurahan Andounohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kegiatan KKN tematik tersebut secara resmi dibuka oleh Ketua KKN Tematik Dr. Muhammad Arba, S.Si., M.Si., pada Sabtu (24/7/2021), yang diawali dengan pembekalan bagi peserta KKN melalui zoom meeting dengan mengusung tema ‘Preventif dan promotif kesehatan di masa pandemi kepada masyarakat Kelurahan Andonuhu Kecamatan Poasia Kota Kendari’.

Pembekalan KKN Tematik ini diikuti oleh 23 mahasiswa dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Muhammad Arba, S.Si., M.Si., sebagai Ketua dan Dr. Ruslin, S.Pd., M.Si., Nuralifah, S.Farm., M.Kes., apt,. serta Ari Sartinah, S.Si., M.Sc., sebagai Anggota.

Baca Juga :  Bank Sultra Salurkan 3 Ton Beras Bantuan CSR di Konsel

Dalam sambutannya, Ketua KKN Dr. Muhammad Arba, S.Si., M.Si., mengatakan bahwa tema ‘Preventif dan promotif kesehatan di masa pandemi kepada masyarakat Kelurahan Andonuhu Kecamatan Poasia Kota Kendari’, ini terkait dengan peran Fakultas Farmasi yang substansi keilmuannya tentang pemahaman obat-obatan dari berbagai penyakit. Maka melalui kegiatan KKN ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya menjaga dan mengenali obat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi ini.

“Kami mengharapkan kerjasama antara mahasiswa dan mahasiswi yang mengikuti KKN dengan pihak Kelurahan Andounohu dapat terjalin dengan baik, dan tidak lupa mengingatkan dalam menjalankan kegiatan KKN ini diharapkan mahasiswa dan mahasiswi dapat menjalankan prosedur kesehatan (prokes) pandemi Covid-19 dan menjaga etika dalam menjalankan kegiatan- kegiatan agar target dari kegiatan selama KKN dapat tercapai,” katanya.

Baca Juga :  Diduga Sebagai Pelaku Mafia Tanah, Pihak Kejari Kendari Meringkus Radiman Mataang

Muhammad Arba menambahkan dalam kegiatan KKN ini mahasiswa akan dibagi lagi menjadi 3 kelompok. Setiap kelompok akan bertanggungjawab terhadap 1 kegiatan dan pembagian kelompok ini bertujuan untuk mengikuti imbauan Rektor UHO yang mengacu pada larangan Pemerintah Kota Kendari mengenai adanya perkumpulan masa selama masa pandemi Covid-19.

Sementara itu, Anggota DPL yang sekaligus Ketua Jurusan Farmasi UHO Nuralifah, S.Farm., M.Kes., apt., mengatakan bahwa dari kegiatan  sosialisasi vaksinasi dan dagusibu serta penanaman dan pemanfaatan toga, hal itu diharapkan dapat dijalankan dengan maksimal.

“Program kegiatan sosialisasi vaksinasi dan dagusibu serta penanaman serta pemanfaatan toga, diharapkan agar tim yang bertanggungjawab terhadap kegiatan tersebut dalam pelaksanaannya agar memahami materi kegiatan sebelum dilaksanakan dan disampaikan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tinggal di Rumah yang Hampir Ambruk, Lansia di Koltim Ini Butuh Uluran Tangan

Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap kesehatan di masa pandemi Covid-19 dalam hal ini pentingnya melakukan vaksinasi, menjaga kesehatan dengan menggunakan obat secara bijak dan memanfaatkan tanaman obat keluarga (toga) yang ada di sekitar lingkungan sebagai obat tradisional untuk menjaga imunitas tubuh.

“Sehingga diharapkan dapat mengurangi angka kasus Covid-19 di masyarakat Kota Kendari, khususnya di daerah Kelurahan Andounohu,” harapnya.

“Dan penyelenggaraan KKN Tematik dengan tema tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengalaman mahasiswa farmasi, serta untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah diperoleh selama perkuliahan yang merupakan kontribusi kecil untuk melakukan edukasi pencegahan Covid-19 di masyarakat,” tutupnya.

Reporter : Muh Ainul
Editor : Ria

528

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed