Dalam Musrenbang RPJMD Tahun 2021 – 2026, Wabup Rasyid Minta Dukungan Masyarakat Wujudkan Konsel Unggul Berbasis Pedesaan

LAYARSULTRA.COM, Konsel – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun Anggaran 2021 – 2026 digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) di Aula Bappeda Konsel, Kamis (23/9/2021).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Konsel Rasyid, S.Sos., M.Si., yang didampingi Kepala Bappeda Ichsan Porosi serta dihadiri Kepala BPS Sultra Agnes Widiastuti dan Kepala BPS Konsel Muh Amin, Tim TP2D, para camat, praktisi, tokoh masyarakat, LSM, insan pers dan para pimpinan OPD.

“Pertemuan ini untuk memberikan klarifikasi, sinkronisasi, dan kesepakatan terhadap sasaran, tujuan, strategi arah kebijakan pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan RPJMD Konsel tahun 2021-2026,” ucap Rasyid.

Hal itu sesuai dengan visinya bersama Bupati Surunuddin Dangga, ST., MM., yakni ‘Menuju Konsel sejahtera, unggul dan amanah berbasis pedesaan’.

Visi tersebut diwujudkan dalam 5 misi, diantaranya melanjutkan pengembangan SDM, penguatan dan pengembangan perekonomian berbasis pedesaan yang inklusif dan berkelanjutan, penguatan tata kelola pemerintahan dan keuangan daerah pengembangan infrastruktur dasar dan wilayah untuk menopang konektivitas.

Baca Juga :  Baliho Caleg Bertebaran di Sepanjang Jalan Konsel Bakal Ditertibkan Satpol-PP

Diungkapkan Rasyid, bahan perbaikan rancangan RPJMD diambil dari kritikan, saran dan pendapat dari berbagai pihak baik saat pelaksanaaan forum konsultasi publik, pembahasan bersama DPRD maupun hasil review inspektorat daerah termasuk kegiatan musrenbang hari ini.

“Sehingga berharap kegiatan ini dapat melahirkan kesepakatan untuk menjadi bahan penyempurna rancangan akhir RPJMD Konsel, dan dijadikan pedoman pelaksanaan pembangunan lima tahun kedepan. Tentunya mesti didukung seluruh elemen masyarakat dengan mengesampingkan kepentingan individu maupun politik,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Ichsan Porosi dalam laporannya menyampaikan, musrenbang merupakan rangkaian atau tahapan dalam penyusunan RPJMD berdasarkan Permendagri No 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.

“Dengan tujuan untuk penajaman, klarifikasi, penyelarasan dan kesepakatan terhadap sasaran, tujuan, strategi arah kebijakan pembangunan daerah yang dirumuskan dalam RPJMD,” ungkapnya.

(Agus) 673

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *