oleh

Kades Bungin dan Warganya Ditetapkan Tersangka dan Dikenakan Undang-Undang Darurat

Barang bukti dua buah bom molotov yang berhasil diamankan dari tersangka

LAYARSULTRA.COM, Konsel -Kepolisian Resor (Polres) Konawe Selatan (Konsel) telah menetapkan Kepala Desa (Kades) Bungin Permai, Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konsel, Sulawesi Tenggara (Sultra) Abdul Sidik dan satu warganya bernama Talib sebagai tersangka.

Keduanya ditangkap polisi karena kedapatan membawa senjata tajam dan dua buah bom molotov saat akan mengikuti aksi unjuk rasa di kantor DPRD Konsel pada Senin, 27 September 2021.

Baca Juga :  Dituduh Tiduri Istri Rekan Kerjanya, Seorang Pria Tewas Dihantam Menggunakan Kunci Inggris

Dalam keterangannya, Kapolres Konsel Erwin Pratowo mengatakan bahwa setelah dilakukan proses penyidikan oleh penyidik, keduanya telah resmi ditetapkan sebagai tersangka atas kasus kepemilikan senjata tajam jenis badik dan bom molotov.

“Kedua tersangka sudah kami amankan di Mapolres Konsel, dan selanjutnya akan dilakukan proses pelimpahan berkas perkaranya ke kejaksaan dan mengenai barang buktinya (bom molotov) masih menunggu hasil pemeriksaan dari Tim Gegana Brimob Sultra,” kata Erwin, Rabu (29/9/2021).

Baca Juga :  Baru Saja Bebas dari Penjara, Seorang Pengedar Narkoba di Konsel Kembali Diringkus Polisi

“Dan dalam menangani kasus ini, pihak kami berkomitmen akan menindak tegas siapa-siapa saja yang terlibat dan tidak akan tebang pilih agar proses hukumnya berjalan secara profesional,” imbuhnya.

Untuk pasal yang disangkakan kepada pelaku kepemilikan senjata tajam dikenakan UU Darurat No. 12 Tahun 1951 Pasal 2 ayat (1) dengan hukuman paling lama 10 tahun penjara.

Baca Juga :  Penasehat Hukum Akui Kliennya Menyerahkan Diri di Polda Sultra Usai Jadi Tersangka Dugaan Pengrusakan Lahan di Konsel

Sementara untuk kepemilikan bahan peledak atau bom jenis bom molotov disangkakan dengan UU Darurat Nomor 12 tahun 1951, Pasal 1 ayat (1) dengan ancaman maksimal hukuman mati, hukuman penjara seumur hidup atau hukuman penjara selama 20 tahun.

(Redaksi)

550

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed