oleh

DPRD Konsel Gelar Paripurna Penyerahan Raperda RPJMD dan KUA PPAS 2022

Penyerahan RPJMD dan KUA PPAS oleh Wabup Rasyid kepada Wakil Ketua II Hj. Hasnawati

LAYARSULTRA.COM, Konsel – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar Paripurna penyerahan draft Raperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Konsel Tahun 2021-2026 dan Penyerahan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun Anggaran 2022.

Paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua II Hj. Hasnawati, SE., dengan dihadiri oleh Wakil Bupati Konsel Rasyid, Sos.,M.Si, Sekda Konsel Ir. H. Sjarif Sajang, M.Si, para Anggota DPRD dan Pimpinan OPD, bertempat di Aula Rapat Paripurna DPRD, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga :  Akibat Angin Kencang, Rumah Warga di Kolaka Nyaris Tertimpa Pohon Tumbang

Wakil Bupati Konsel Rasyid dalam paripurna tersebut menyampaikan bahwa pembahasan Raperda RPJMD ini merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan RPJMD berdasarkan Pasal 69 ayat (1) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

“Dan Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD, serta RKPD, yang menyatakan bahwa kepala daerah menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJMD sebagaimana dimaksud dalam pasal 68 ayat (3) kepada DPRD untuk dibahas dalam rangka memperoleh persetujuan bersama DPRD dan Kepala Daerah terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJMD,” jelas Rasyid.

Baca Juga :  Demo Tolak Penggunaan Jalan Umum Untuk Hauling, Terungkap PT Asmindo Tak Pernah Ajukan Izin di Dinas PU Sultra

“Sementara untuk KUA-PPAS Tahun Anggaran 2022 merupakan tindak lanjut dari dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Konsel Tahun 2022 yang tetap memperhatikan RKPD Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2022 serta Rencana Kerja Pemerintah (RKP-NAS) Tahun 2022,” imbuhnya.

Rasyid juga menambahkan bahwa KUA-PPAS disusun berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2021 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2022 serta dengan memperhatikan kondisi ekonomi makro Kabupaten Konsel yang masih memerlukan pembangunan infrastruktur untuk menunjang pertumbuhan ekonomi dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat pandemi Covid-19 menjadi fokus perhatian pemerintah daerah pada tahun 2022.

Baca Juga :  Penandatanganan Pakta Integritas, Pj Bupati Koltim Harapkan OPD Bekerja Sesuai Aturan yang Berlaku

“Kami berharap dalam pembahasan Raperda RPJMD dan Kebijakan Umum Anggaran Serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun Anggaran 2022 dapat dilaksanakan sesuai dengan fungsi DPRD dalam hal pembentukan Perda dan fungsi anggaran,” ucap Rasyid.

“Sehingga nantinya Perda RPJMD dapat ditetapkan untuk menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan di kabupaten konawe selatan Tahun 2021-2026, demikian pula dengan KUA-PPAS Tahun 2022 dapat menjadi landasan penyusunan rancangan APBD Tahun Anggaran 2022,” sambungnya.

(Redaksi/Agus)

472

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed