oleh

Diskominfo Konsel Gelar Pelatihan Admin Website OPD

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian (Diskominfo) membangun dan menyediakan informasi pemerintahan berbasis website pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Website ini juga sebagai bentuk implementasi perintah undang-undang sekaligus sebagai langkah awal terwujudnya e-government dan kebijakan pimpinan daerah Kabupaten Konsel yang menyajikan journal, informasi, dan potensi daerah secara terpadu dan menyeluruh.

Saat ini, telah terbangun 38 website OPD dan beberapa website penunjang lainnya, antara lain website PPID, Covid 19, BLK Konsel, bagian barang dan jasa serta website daerah sebagai rumah besar website yang ada.

Tentunya agar bisa lebih maksimal pengoperasiannya dibutuhkan operator admin website handal dan bersikap profesional.

Untuk itu, Diskominfo Konsel melaksanakan pelatihan admin website OPD selama dua hari berturut-turut mulai 18 – 19 Oktober 2021 bertempat di Ruang Rapat Kantor Diskominfo Konsel.

Baca Juga :  Upacara Ngaben Massal Atma Wedana di Loea Dihadiri oleh Pj Bupati Koltim

Pelatihan ini mendapat pengarahan teknis dari Kepala Dinas Kominfo Konsel Drs. Anas Mas’ud, M.Si. Ia menyampaikan kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan keahlian para operator admin portal dengan tujuan menyamakan persepsi dan pemahaman terhadap keberadaan website yang dimaksud.

Dijelaskannya, penyediaan portal merupakan kebijakan pimpinan daerah untuk menunjang implementasi e-government melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik (SPBE). Dimana seluruh OPD mesti memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi agar masyarakat bisa mendapatkan informasi dari semua instansi lingkup Pemkab Konsel.

“Misalkan ingin mendapatkan informasi destinasi wisata silahkan kunjungi link website Dinas Pariwisata atau update data kependudukan buka portal Disdukcapil Konawe Selatan, dan berbagai manfaat lainnya,” ucap Anas, Selasa (19/10/2021).

Baca Juga :  Anggota DPRD Konsel Temukan Sejumlah Proyek Bermasalah di Beberapa Kecamatan

Website OPD tersebut secara keseluruhan terintegrasi dengan website resmi pemerintah daerah atau terkoneksi dan terpusat dalam server satu subdomain konaweselatankab.go.id

Pemerintah Daerah Konsel melalui Diskominfo berusaha untuk selalu mengembangkan aplikasi yang telah dibangun. Kedepan fitur-fitur website OPD akan terus dikembangkan sesuai kebutuhan pengelola dan masyarakat dapat melakukan download dokumen yang telah di upload oleh admin pada website masing masing OPD.

“Sehingga dokumen yang bersifat terbuka untuk umum atau publik mudah diakses dari mana pun dan kapan saja,” ungkapnya.

Keberadaan website ini menjadi tantangan tersendiri bagi OPD untuk kreatif memberikan update informasi kepada publik, jika tidak, tentunya akan menjadi bahan evaluasi pimpinan daerah.

Baca Juga :  Bosan Dijanji, Petani di Desa Simbune Gotong Royong Perbaiki Jalan Usaha Tani dengan Dana Swadaya

Diharapkan juga keberadaan website ini menjadi beranda utama bagi pemerintah dan beranda bagi OPD untuk memperkenalkan berbagai program dan kegiatan unggulannya kepada masyarakat.

“Sehingga kita berharap melalui pelatihan ini semua admin website OPD dapat mengelola website secara baik dan profesional serta bakal di evaluasi hasilnya tiga minggu kedepan terhadap progres pengelolaan website tersebut,” imbuhnya.

Mantan alumni STPDN Angkatan 05 ini juga mengatakan keberadaan website ini menjadi salah satu bentuk ikhtiar pimpinan daerah dalam memberikan pelayanan publik di Kabupaten Konawe Selatan.

“Segala informasi dan kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan masyarakat luas bisa dengan mudah disampaikan dan diketahui baik melalui komputer, laptop maupun ponsel,” tutupnya.

(Redaksi/Agus)

217

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed