Ikut Andil dalam Upaya Pencegahan Covid-19, Mahasiswa PSPPA UHO Edukasi Prokes kepada Masyarakat Pesisir

Mahasiswa PSPPA UHO tiba di Desa Wawatu, Konsel

LAYARSULTRA.COM, KENDARI – Ikut andil dalam upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19, mahasiswa PSPPA Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo (UHO) melakukan edukasi kepada masyarakat yang berada di Desa Wawatu, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kegiatan edukasi tersebut sebagai bentuk pengabdian para mahasiswa kepada masyarakat serta telah sesuai dengan instruksi Gubernur Sulawesi Tenggara bahwa untuk mencegah penyebaran virus corona perlu dilakukan edukasi kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan.

Hal itu sebagaimana yang dituturkan oleh La Hair, salah satu mahasiswa Jurusan Apoteker UHO kepada media ini pada Kamis (11/11/2021).

Tim pengabdian mahasiswa PSPPA UHO

La Hair mengatakan bahwa sasaran edukasi ini perlu dilakukan pada masyarakat yang berada di wilayah pesisir agar pemahaman terkait protokol kesehatan tetap dijalankan.

“Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa PSPPA UHO Angkatan 5 yang turun langsung ke daerah pesisir untuk melakukan pencegahan dan mitigasi Covid-19 di Desa Wawatu, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan pada 1 Juli 2021 yang lalu,” ucapnya.

Baca Juga :  Sebanyak 23 Mahasiswa Farmasi UHO Ikuti KKN Tematik, Siap Aplikasikan Ilmu Obat-Obatan kepada Masyarakat dalam Menghadapi Covid-19

La Hair menambahkan, kegiatan pengabdian ini dimulai dengan menjelaskan tentang Covid-19 kepada masyarakat dan memberikan informasi mengenai cara pencegahan dengan menerapkan protokol kesehatan melalui 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak).

Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan mendatangi di setiap rumah warga serta di tempat warga berkumpul dengan selalu mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Tim pengabdian selalu memastikan bahwa masyarakat Desa Wawatu mendapatkan informasi yang jelas mengenai Covid-19 dan pencegahannya.

“Masyarakat di Desa Wawatu awalnya kurang yakin dengan kedatangan Tim Pengabdian, tetapi setelah diberikan informasi dengan sangat baik dan jelas akhirnya mereka mau mengikuti kegiatan ini dengan seksama serta mendengarkan dengan baik dan mengikuti dengan percaya diri,” jelas La Hair.

“Dan harapan kami setelah pengabdian ini, masyarakat Desa Wawatu dapat menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari di masa pandemi seperti sekarang ini,” imbuhnya.

Reporter : Muh. Ainul 584

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *