Konsel  

Polres Konsel Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra-Anoa, Kedepankan Edukasi Prokes dan Tertib Berlalu Lintas

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Kepolisian Resor (Polres) Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara, menggelar apel pasukan Operasi Zebra-Anoa Tahun 2021, bertempat di lapangan Mapolres Konsel, Senin (15/11/2021).

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Konsel AKBP Erwin Pratomo dan dihadiri oleh Wakapolres Konsel Kompol M. Risal Syahril, Danramil 1417-04 Lainea Kapten Inf. Bahar, Kabid Perhubungan Darat Dishub Konsel Boby, PJU dan Kapolsek jajaran Polres Konsel serta personil gabungan.

Dalam Operasi Zebra-Anoa tahun ini dilakukan dengan pendekatan simpatik melalui kegiatan edukasi protokol kesehatan (prokes) dan tertib berlalu lintas berupa baksos, penerangan dan penyuluhan tentang penerapan prokes dan aman berlalu lintas serta tidak melakukan razia dan memeriksa surat-surat kendaraan. Dengan melakukan baksos dan pelayanan masyarakat ini diharapkan dapat menciptakan rasa simpatik masyarakat terhadap Polri.

Hal itu sebagaimana amanat Kapolda Sulawesi Tenggara yang dibacakan oleh Kapolres Konsel saat memimpin apel. Kapolres mengatakan bahwa apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas) menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 ditengah Pandemi Covid-19 di wilayah hukum Polres Konsel.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa permasalahan di bidang lalu lintas sekarang ini telah berkembang dengan sangat cepat dan dinamis, hal ini sebagai konsekuensi meningkatnya jumlah penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya,” kata Erwin.

Baca Juga :  PN Andoolo Kabulkan Praperadilan Tiga Warga Desa Rambu-Rambu, Penetapan Tersangka Batal Demi Hukum

“Saat ini selain keselamatan berlalu lintas yang berhubungan langsung dengan orang, kendaraan, jalan serta sarana dan prasarana, terdapat satu permasalahan lagi yaitu adanya ancaman pandemi Covid-19, untuk itu dibutuhkan upaya khusus dalam menanggulangi penyebaran covid-19 di bidang lalu lintas,” imbuhnya.

Kapolres menambahkan bahwa dalam menghadapi permasalahan di bidang lalu lintas tersebut dibutuhkan peran serta seluruh stake holder agar mampu meningkatkan kampanye tertib berlalu lintas dan protokol kesehatan. Selain itu juga memerlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintahan lainnya yang selama ini dirasakan masih perlu ditingkatkan.

Untuk memberi solusi atas permasalahan tersebut, pengembang fungsi operasional Polri telah menetapkan kalender Operasi Zebra, yang kali ini dilaksanakan menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dengan sasaran meningkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 serta mewujudkan kamseltibcarlantas yang mantap.

“Adapun waktu pelaksanaan operasi ini akan berlangsung selama 14 hari sejak tanggal 15 sampai 28 November 2021 yang digelar secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Dan untuk mencapai tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan, maka operasi ini dilaksanakan dengan persentase kegiatan simpatik 100 persen dengan tidak berorientasi pada gakkum lantas atau tilang,” jelasnya.

Baca Juga :  Dituding Miliki Ilmu Hitam, Sekelompok Orang Bakar Rumah Warga di Desa Tanjung Tiram

(Redaksi) 745

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *