oleh

Bertemu Gubernur Makkah, Menag Berharap Penyelenggaraan Haji dan Umrah Dapat Dibuka Kembali

Pertemuan Menag (tengah) dengan Gubernur Makkah (kanan)

LAYARSULTRA.COM, MAKKAH – Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas melakukan kunjungan kerja ke Saudi Arabia dan bertemu dengan Gubernur Makkah Khalid bin Faisal Al Saud, Minggu (21/11/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Menag Yaqut menyampaikan terkait perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia. Selain itu juga disampaikan tentang kebijakan dalam mempersiapkan keberangkatan jamaah umrah.

“Saya hari ini bertemu Gubernur Makkah, Khalid bin Faisal. Saya menyampaikan informasi bahwa penanganan Covid-19 di Indonesia secara umum sudah dapat terkendali,” jelas Gus Yaqut, sapaan akrab Menag usai pertemuan.

Baca Juga :  Luar Biasa! SMAN 3 Bombana Selenggarakan Festival Film Sains Terbesar di Dunia

Menag juga menyampaikan kesiapan Indonesia untuk kembali memberangkatkan jamaah umrah. Menurutnya, Kementerian Agama terus melakukan edukasi kepada calon jamaah haji dan umrah untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Pemerintah Indonesia juga telah melakukan vaksinasi untuk calon jamaah haji dan umrah,” ucap Menag.

“Dalam rangka mengupayakan kesehatan bagi calon jamaah umrah, Kementerian Agama membuat kebijakan umrah satu pintu,” sambungnya.

Baca Juga :  Luar Biasa! SMAN 3 Bombana Selenggarakan Festival Film Sains Terbesar di Dunia

Kebijakan lainnya yakni terkait dengan PCR bagi calon jamaah umrah. Menurut Menag, itu akan difokuskan pada fasilitas kesehatan di Indonesia yang direkomendasikan oleh Pemerintah Saudi.

“Untuk mengobati kerinduan umat Islam di Indonesia, saya juga menyampaikan harapan untuk segera dibukanya kembali penyelenggaraan umrah 1443 H. Indonesia siap menjalankan ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah Saudi Arabia,” ujar Menag.

Baca Juga :  Luar Biasa! SMAN 3 Bombana Selenggarakan Festival Film Sains Terbesar di Dunia

Sementara itu, Gubernur Makkah Khalid bin Faisal Al Saud menyambut baik atas kunjungan Menag Yaqut Cholil Qoumas. Gubernur Makkah menyampaikan komitmennya untuk memberikan pelayanan pada jamaah haji dan umrah Indonesia.

Namun Gubernur Makkah tetap kembali menekankan akan pentingnya kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sebab, penyelenggaraan umrah 1443 H dan juga haji, diselenggarakan masih dalam suasana pandemi Covid-19.

(Redaksi)
Sumber Humas Kemenag RI

207

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed