oleh

Peduli Terhadap Tumbuh Kembang Anak, TK Perintis Ananda Tirawuta Gelar Parenting Sosialisasi Stunting dan UKS

Para guru TK Perintis Ananda Tirawuta dan orangtua peserta didik ikuti parenting sosialisasi stunting dan UKS

LAYARSULTRA.COM, KOLTIM – Peduli terhadap tumbuh kembang anak, Taman Kanak-Kanak (TK) Perintis Ananda yang terletak di Desa Tirawuta, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar kegiatan Parenting Sosialisasi Stunting dan UKS, Rabu (1/12/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Puskesmas Tirawuta Asma Ristasari, S.Kep., Ns., Kepala TK Perintis Ananda Suheni, S.Pd., Kepala Seksi PAUDNI Dikmudora Koltim, Bunda PAUD Desa Tirawuta, para guru TK Perintis Ananda serta orang tua murid peserta didik.

Kepala TK Perintis Ananda Suheni menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan mengingat beberapa wilayah di Kabupaten Koltim ada yang masuk dalam lokasi fokus atau lokus penanganan stunting.

“Dari fakta ini, maka TK Perintis Ananda mengadakan kegiatan parenting tersebut kepada orang tua peserta didik dan guru-guru di TK ini, untuk mengetahui cara pencegahan dan dampak stunting terhadap tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan sampai usia 24 bulan,” kata Suheni.

Suheni berharap, melalui sosialisasi ini seluruh pihak di TK Perintis Ananda Tirawuta dapat memahami dan mengetahui bagaimana stunting itu dan seperti apa pencegahannya sejak dini.

“Saya harapkan dengan sosialisasi ini semoga dapat mengedukasi kita semua dalam mencegah dan menangani dampak dari stunting bagi pertumbuhan anak sejak dini,” imbuhnya.

Baca Juga :  Terkait Oknum Penyebar LPJ-DD untuk Mengancam Kepala Desa, Bupati LSM LIRA Konsel Minta Kasus Ini Diproses Hukum

Sementara itu, Kepala Puskesmas Tirawuta Asma Ristasari saat membawakan materi memberikan penjelasan bahwa yang dimaksud dengan stunting adalah pertumbuhan anak yang mengalami keterlambatan sejak usia dini disebabkan kekurangan asupan gizi dalam waktu lama sehingga anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir.

Asma juga sangat mengapresiasi dan mendukung penuh dengan adanya pelaksanaan kegiatan sosialisasi stunting dan UKS yang diadakan oleh TK Perintis Ananda ini.

“Saya sebagai Kepala UPTD Puskesmas Tirawuta, sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan sosialisasi stunting yang diadakan oleh TK Perintis Ananda ini. Dimana kegiatan ini juga merupakan salah satu program dari Puskesmas Tirawuta,” ungkapnya.

Asma menambahkan bahwa dari sejak dini orang tua murid harus memahami dan mengerti apa itu stunting, penyebab, gejala, dampak dan ciri-cirinya serta langkah-langkah dan penanganan apa yang diambil untuk mencegah terjadinya stunting.

“Tujuan kita lakukan sosialisasi ini supaya kita semua paham tentang bahayanya stunting serta kasus stunting ini dapat diminimalkan atau kalau bisa sama sekali tidak ada di Kabupaten Kolaka Timur, khususnya di Desa Tirawuta, Kecamatan Tirawuta ini,” jelasnya.

(Redaksi/Agus)
Sumber : Diskominfo Koltim

978
Baca Juga :  Cegah Penyebaran Hoaks di Tengah Masyarakat, LKBN ANTARA Gelar Seminar untuk Insan Pers di Sultra

BACA JUGA :

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed