oleh

Kasunanan Surakarta Beri Gelar Kehormatan KPH Pradotohamiseno kepada Sekjen MOI

Raden KPH Pradotohamiseno HM. Jusuf Rizal (kanan) bersama Sinuhun Penembahan Agung Tedjowulan (kiri) di Kasunanan Surakarta. (foto : ist)

LAYARSULTRA.COM, SOLO – Keraton Kasunanan Surakarta memberikan gelar kehormatan KPH (Kanjeng Pangeran Haryo) Pradotohamiseno kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) Raden HM. Jusuf Rizal.

Penganugerahan gelar Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Pradotohamiseno tersebut dilakukan di Kasunanan Surakarta, Kota Solo, Jawa Tengah yang dihadiri oleh Sinuhun Penembahan Agung Tedjowulan, Rabu (14/12/2021).

HM. Jusuf Rizal adalah pria berdarah Madura-Batak yang memiliki trah bangsawan di Madura dengan sebutan Raden. Kini dengan pemberian gelar, namanya menjadi Raden Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Pradotohamiseno HM. Jusuf Rizal.

Baca Juga :  FORKAMI Siap Dukung KKP Wujudkan Maluku Sebagai Lumbung Ikan Nasional

Raden HM. Jusuf Rizal mendapatkan gelar tersebut karena dipandang layak sebagai Civil Society Organization (CSO) yang memiliki berbagai aktivitas, seperti menjadi Sekjen Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI), Ketum Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia (PWMOI) dan Advokat (JR Lawfirm and Associeties)/BPJS Plus Perisai Hukum.

Selain itu juga menjabat sebagai Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat), Anggota Kehormatan Peradi Perjuangan,  Ketua Umum FSPTSI (Federasi Serikat Pekerja Transport Seluruh Indonesia)-KSPSI yang mewadahi para driver-biker-ojek mitra kepolisian seluruh Indonesia, Pembina PARFI (Persatuan Artis Film Indonesia), dan lainnya.

Baca Juga :  Sambil Naik Perahu Naga, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Ladongi di Kolaka Timur

Gelar Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Pradotohamiseno mengandung arti yang disesuaikan dengan aktivitas Raden HM. Jusuf Rizal di tengah masyarakat. Salah satunya yakni sebagai penggiat anti korupsi, aktivis pekerja dan buruh maupun pembelaan dalam hukum untuk kepentingan masyarakat banyak.

Pradoto sendiri mengandung arti memahami hukum dan Hamiseno mengandung arti teguh prinsip, ucapan serta istiqomah. Jadi Pradotohamiseno mengandung arti orang yang memiliki prinsip, memiliki keteguhan hati, dapat dipercaya serta memahami hukum/konstitusi.

Baca Juga :  Tinjau Vaksinasi Massal di Sultra, Presiden Jokowi Minta Pemda Bersama TNI/Polri Tingkatkan Cakupan Vaksinasi

Dengan diberikannya gelar KPH Pradotohamiseno, maka Raden HM. Jusuf Rizal menjadi abdi dalem Kasunanan Keraton Surakarta yang memiliki jaringan di 183 kerajaan di seluruh Indonesia serta kerajaan se- Nusantara, baik di Malaysia, Brunai, Thailand dan lainnya.

(Redaksi/Agus)

275

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed