Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Konsel Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektor

Rapat koordinasi lintas sektoral di Polres Konsel. (foto :humas polres konsel)

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Menjelang Hari Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Kepolisian Resor (Polres) Konawe Selatan (Konsel) menggelar rapat koordinasi lintas sektoral secara virtual bersama Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra), bertempat di ruang vicon Wicaksana Laghawa Polres Konsel, Senin (20/12/2021).

Rapat koordinasi ini dilakukan dalam rangka persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang masih berada di tengah-tengah situasi pandemi Covid-19.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Konsel AKBP Erwin Pratomo, SIK., dan dihadiri oleh Wakil Bupati Konsel Rasyid, S.Sos., M.Si., Dandim 1417/Kendari diwakili Pabung Konsel Letkol Inf Hamsah BS, SE., MP., Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Konsel Drs. Joko, M.Pd.

Selain itu, hadir juga
Danramil 1417-04/Lainea Kapten Inf Bahar, Danposal Torobulu Letda Laut (T) Dadang Nur Wahyudi, Kepala UPTD Pelabuhan Torobulu  Feriman, Ketua Pengadilan Negeri Konsel Wahyu Setioadi, SH., Kasi Pidum Kejari Konsel Ramadhan, SH., Kepala UPTD Pelabuhan Amolengo Armin Malaka, Kepala Puskesmas Punggaluku dr. Ade Heri Budiman, Kadis Perhubungan Drs. Amran, M.Pub., Plh. Kabag Ops Polres Konsel AKP Ismail
SH., MM., dan Senkom Mitra Polri.

Kapolres Konsel AKBP Erwin Pratomo menjelaskan bahwa pelaksanaan pengamanan pada saat hari Natal di setiap gereja perlu melibatkan panitia hari Natal.

“Tim gabungan akan melaksanakan patroli secara bersama-sama pada waktu-waktu yang rawan kriminal maupun kelancaran arus lalu lintas dengan mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas,” kata Erwin.

Baca Juga :  Dinas Perpustakaan Konsel Gelar Pelatihan Pengelola Perpustakaan Sekolah, Desa dan Kelurahan

“Kami juga menempatkan personil yang standby di pelabuhan penyeberangan Torobulu dan Amolengo. Karena Konsel masuk level 2 PPKM, maka tempat wisata akan dibatasi jumlah pengunjung hanya 50 persen dari kapasitas yang tersedia. Mari secara bersama-sama mematuhi protokol kesehatan dan mengoptimalkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19,” imbuhnya.

Erwin mengatakan untuk pelaksanaan Ops Lilin Anoa 2021 dan Tahun Baru 2022 dimulai pada 24 Desember 2021 selama 10 hari. Terdapat 2 Pos Pengamanan yang akan dibangun yakni di Pertigaan Kelurahan Punggaluku dan di Kecamatan Mowila.

Sementara itu, Wakil Bupati Konsel Rasyid menyatakan bahwa Pemda Konsel siap membantu mendirikan Posko Pengamanan dan fasilitas posko serta pelibatan Satpol PP dalam pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Kami siap membantu dengan pelibatan Satpol PP serta mendirikan posko yang lengkap dengan fasilitasnya,” ucap Rasyid.

Ditempat yang sama, Kepala Kemenag Konsel Joko mengatakan tingkat kerukunan umat beragama di Kabupaten Konsel sebesar 83.3 persen. Ini telah melampau target kerukunan umat beragama nasional sebesar 76 persen.

Capaian tersebut tentunya tidak terlepas dari toleransi masyarakat di Kabupaten Konsel. Sedangkan untuk jumlah gereja yang ada di Kabupaten Konsel sebanyak 58 Gereja Protestan dan 12 Gereja Katolik.

Baca Juga :  Minyak Goreng Langka, Pemda Koltim Lakukan Sidak ke Sejumlah Pasar dan Toko

“Mari secara bersama-sama kita jaga dan rawat kebhinekaan ini agar tetap terpelihara dengan baik dalam pelaksanaan Natal mendatang,” ajaknya.

(Redaksi) 349

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *