oleh

Jelang Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polres Konsel Gelar Bimtek Latihan Pra Operasi Lilin Anoa 2021

Bimtek pelatihan pra operasi lilin anoa 2021 di Polres Konsel. (foto : ist)

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Kepolisian Resor (Polres) Konawe Selatan (Konsel) menggelar bimtek (bimbingan teknis) latihan Pra Operasi Lilin Anoa tahun 2021 dalam rangka pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), bertempat di Aula Pesat Gatra Polres Konsel, Selasa (21/12/2021).

Bimtek pelatihan Pra Operasi Lilin Anoa ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme para personil Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Konsel.

Mewakili Kapolres Konsel, Plh. Kabag Ops AKP Ismail, SH., MM., membuka kegiatan bimtek ini yang diikuti oleh Kasi Propam AKP Sadike D, Kasiwas AKP Mursalim, Kasi Humas AKP Muslimin Ganyu, Kasat Reskrim Iptu Hendryanto Tandirerung, S.TrK., S.I.K., Kasat Intelkam Iptu Rio Pratama Hidayat, S.TrK., serta para perwira dan bintara yang terlibat dalam Sprint Pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Kapolres Konsel AKBP Erwin Pratomo, SIK., yang diwakili Plh. Kabag Ops AKP Ismail dalam sambutannya memberikan arahan agar para personil tidak berdiam diri atau terlena terhadap ancaman gangguan terorisme.

Baca Juga :  Kabar Gembira! TPP ASN di Konsel Bakal Dibayarkan Tahun 2022

“Pelaksanaan Ops Lilin Anoa 2021 dan Pengamanan Tahun Baru 2022 kita kedepankan fungsi pengaturan lalu lintas demi kelancaran arus lalu lintas dan mengantisipasi serta mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas,” kata Ismail.

Selain itu, para personil Polri untuk berkolaborasi dengan TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Senkom Mitra Polri dan Saka Bhayangkara dalam pelaksanaan pengamanan Nataru ini.

“Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka di setiap pelabuhan penyeberangan akan dilakukan tes PCR dan swab anti gen kepada masyarakat pengguna jasa angkutan penyeberangan fery,” jelasnya.

“Kami juga akan melaksanakan pengamanan di gereja dan tempat tempat wisata yang dikunjungi oleh masyarakat. Dalam Nataru ini kita ciptakan rasa aman dan nyaman serta kelancaran arus lalu lintas bagi umat Nasrani yang akan melaksanakan perayaan Natal Tahun Baru,” imbuhnya.

Baca Juga :  Berikut Klarifikasi Kades Motaha Atas Tuduhan Manipulasi Data Kompensasi SUTET serta Hasil Mediasi oleh Wabup Konsel

Di tempat yang sama, Kasi Humas Polres Konsel AKP Muslimin mengatakan, Polres Konsel beserta Polsek jajaran yang didukung TNI, instansi terkait serta mitra kamtibmas lainnya bakal menyelenggarakan operasi kepolisian terpusat dengan sandi  Lilin Anoa 2021.

“Operasi ini akan digelar di seluruh wilayah hukum Polres Konsel selama 10 hari, terhitung mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022, dengan mengedepankan kegiatan pencegahan, deteksi dan penegakan hukum dalam rangka pengaman Natal 2021 dan Tahun Baru 2022,” ucap Muslimin.

Operasi Lilin Anoa ini juga tetap menerapkan protokol kesehatan dan membatasi masyarakat dengan maksimal 50 persen dari kapasitas tempat yang tersedia. Hal ini dilakukan guna mencegah penularan Covid-19, sehingga masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru merasa aman dan nyaman didukung dengan situasi kamtibmas yang kondusif.

Polres Konsel juga akan melakukan pengamanan dan patroli bersama unsur terkait di tempat-tempat yang rawan terjadinya kriminal dengan sasaran gereja atau tempat pelaksanaan natal, rumah yang ditinggal untuk melaksanakan natal, tempat wisata, pelabuhan penyeberangan.

Baca Juga :  DPRD Konsel Minta PT CAM Kelola Limbah Dengan Baik dan Perhatikan Petani Plasma serta Masyarakat Sekitar

Juga dilakukan pengamanan di pasar tradisional, gudang atau tempat penampungan kebutuhan pokok untuk mencegah terjadinya penimbunan sembako, keramaian umum serta jalan poros untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, akan dilakukan pencegahan dan penindakan terhadap perbuatan yang dapat mengganggu kamtibmas, seperti kebut-kebutan yang biasanya dilakukan oleh para remaja saat Natal dan Tahun Baru dengan konvoi menggunakan knalpot bogar, pesta minuman keras, acara berkumpul-kumpul tanpa menerapkan prokes, serta oknum yang memanfaatkan situasi dengan melakukan provokasi yang dapat mengarah terjadinya konflik sosial berlatar belakang isu SARA.

Patroli siber di media sosial dan media online juga akan dilakukan dalam Operasi Lilin Anoa ini untuk mengidentifikasi, menganalisis serta memitigasi terhadap isu dan pemberitaan negatif yang berkembang yang memenuhi unsur pidana akan dilakukan penindakan.

Reporter : M. Sopian
Editor : Agus

457

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed