oleh

Mengenang Perjuangan Perempuan Indonesia, Pemda Konsel Gelar Peringatan Hari Ibu

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) menggelar Peringatan Hari Ibu yang ke-93 di Rumah Jabatan Bupati, Rabu (22/12/2021).

Kegiatan yang berlangsung sederhana namun semarak ini dihadiri oleh Wakil Bupati Rasyid, S.Sos., M.Si, Sekkab Ir. Drs. Sjarif Sajang, M.Si, Ketua DWP Hj. Ariyati Sjarif, SKM, Wakil Ketua TP PKK Suharni Rasyid, S.Pi., M.Pi, Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo, SH., SIK, Kajari Dr. Apriliana Purba dan unsur forkopimda lainnya serta para pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel.

Peringatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan.

Selain Peringatan Hari Ibu, kegiatan itu juga dirangkaikan dengan HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-22 dan Kesatuan Gerak PKK yang ke-49 Tahun 2021.

Baca Juga :  Upacara Ngaben Massal Atma Wedana di Loea Dihadiri oleh Pj Bupati Koltim

Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga, ST., MM., mengatakan peringatan yang tiap tahun dirayakan ini merupakan penghargaan kepada perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa, sehingga perayaan tahun ini mengangkat tema ‘Peran Ibu Dalam Pembangunan Bangsa Dari Masa Ke Masa’.

“Maka sangat disayangkan, apabila perempuan masih menghadapi berbagai ketimpangan, harusnya mudah mengakses segala sesuatunya, berpartisipasi, turut menentukan arah kebijakan serta menikmati manfaat pembangunan,” kata Surunuddin.

Apalagi ditengah pandemi Covid-19 seperti saat ini menunjukkan perempuan berada pada situasi yang rentan dan ketidakpastian kesetaraan gender juga mengancam tujuan pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga :  Demo Tolak Penggunaan Jalan Umum Untuk Hauling, Terungkap PT Asmindo Tak Pernah Ajukan Izin di Dinas PU Sultra

Dalam situasi yang tidak menentu ini, ternyata tidak menghentikan langkah perempuan Indonesia untuk hadir di garda terdepan, turun menjadi penggerak sosial dengan membangun kesadaran masyarakat pada berbagai aspek.

“Gerak sekecil apapun yang berarti dapat memberikan sumbangsih bagi pembangunan keluarga dan bangsa. Untuk itu mari warnai peringatan ini dengan peran dan kerja nyata para ibu dan seluruh perempuan demi pembangunan daerah dan bangsa,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK yang juga selaku penasehat DWP Konsel Hj. Nurlin Surunuddin, SH., mengatakan saat ini negara sedang berjuang melawan pandemi, seyogyanyalah kaum perempuan dan ibu-ibu di Konawe Selatan dapat menjadi suri tauladan dan contoh kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan agar dapat terhindar dari penyebaran virus tersebut.

Baca Juga :  SDN 89 BB Diduga Jadi Korban Penipuan Bahan Penghapus Noda Tembok dan CCTV Palsu

“Kita beri contoh dengan ikut anjuran pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi terhadap diri pribadi maupun anggota keluarga. Ini bagian dari upaya kita terhindar dari penyebaran virus Covid-19,” ucapnya.

Nurlin menambahkan, perayaan Hari Ibu sebagai momentum untuk membuktikan peran kaum perempuan dalam mendorong pembangunan yang tidak bisa dipandang sebelah mata, misalnya mendukung suami dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

“Tentunya dibarengi dengan upaya peningkatan kualitas SDM agar sejajar dengan kaum adam. Bukan hanya urusan kasur, sumur dan dapur saja namun bisa segalanya,” tutup Anggota DPRD Provinsi Sultra ini.

(Redaksi)

479

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed