oleh

Pastikan Kebenaran Isu Tentang Pelayanan di Disdukcapil Konsel, Wakil Bupati Rasyid Lakukan Sidak

Wakil Bupati Rasyid lakukan sidak dan berbincang dengan masyarakat di Disdukcapil Konsel. (Foto : diskominfo konsel)

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel) Rasyid, S.Sos., M.Si., melakukan sidak (inspeksi mendadak) terhadap pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konsel, Senin (27/12/2021).

Sidak ini dilakukan sebagai respon cepat dari Rasyid atas adanya informasi dan laporan masyarakat bahwa pelayanan di Disdukcapil Konsel kurang baik dan tidak profesional.

Selain itu, ketersediaan blanko yang menghambat penerbitan KTP elektronik juga menjadi perbincangan hingga di media sosial grup Facebook lokal.

Kedatangan Rasyid yang secara tiba-tiba ini membuat masyarakat yang sedang antri mengurus surat kependudukan kaget bercampur senang.

Rasyid pun langsung menyalami sekaligus menanyakan permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam proses pengurusan dokumen di Disdukcapil Konsel ini.

Ani salah satu masyarakat asal Kecamatan Kolono yang sedang mengurus KTP el menjawab keluhan yang ditanyakan oleh Rasyid.

“Tidak ada masalah pak, sejauh ini pelayanan bagus, hanya antri saja yang lama karena mungkin datang terlambat dan sudah banyak orang. Sehingga ini wajar,” ucapnya dihadapan Rasyid.

Baca Juga :  Polemik Dualisme KONI Koltim, Ketua Hipmatir : Alvian Gagal Nahkodai KONI Sultra?

Ditanya apakah ada pungutan liar selama pengurusan, Ani hanya menggelengkan kepalanya.

Banyak warga yang ditanyai satu persatu oleh Wabup Rasyid, namun tak ada satupun yang mengatakan keberatan terkait pelayanan sesuai informasi yang beredar pada segelintir masyarakat.

“Tujuan saya kesini untuk memastikan kebenaran informasi masyarakat bahwa katanya pelayanan Disdukcapil kurang baik dan tidak adanya blanko KTP sehingga membuat masyarakat merasa kecewa dan terbuang waktunya sia-sia,” ucap Rasyid di hadapan warga yang sedang antri.

Rasyid menambahkan bahwa persoalan keluhan itu hingga tertaut di linimasa Facebook pribadinya. Terdapat netizen yang curhat dan beberapa menanyakan hal itu. Sehingga ia melakukan sidak dan memastikan seluruh informasi tersebut tidak benar.

“Saya rasa informasi itu tidak benar, kita sudah saksikan bersama-sama pelayanan Disdukcapil sangat baik dan saya siarkan secara live melalui medsos. Kedatangan saya bukan direkayasa sebelumnya, murni dari hati nurani dan tugas serta tanggung jawab selaku Wakil Bupati khususnya di bidang pengawasan pada instansi lingkup Pemkab Konsel,” ungkapnya.

Baca Juga :  Adanya Lonjakan DPT di Desa Pombeyoha Dikhawatirkan Rugikan Salah Satu Cakades

Rasyid juga berpesan agar masyarakat jangan mudah menerima informasi hoax yang belum pasti kebenarannya dan dalam pengurusan dokumen kependudukan jangan melalui calo, sebab semua tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

“Kalo mau berurusan langsung saja sendiri, tidak usah lewat perantara. Sekarang ini semua serba cepat dan gratis. Adapun jika ada yang pungli lapor ke saya, langsung kita proses sesuai aturan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Rasyid berjanji, meskipun pelayanan sudah cukup baik, namun sistem standar pelayanan mekanisme, dan prosedur akan terus ditingkatkan lagi dengan lebih baik agar citra Pemerintah Daerah Konsel semakin bagus dimata publik.

Seorang Anggota DPRD Konsel dari Dapil I Muhammad Taufik Mansur yang saat itu sedang mengantar konstituennya mengatakan bahwa kualitas pelayanan Disdukcapil cukup baik.

Baca Juga :  Serap Aspirasi Masyarakat, Anggota DPRD Konsel Lakukan Reses di Masing-Masing Dapil

“Dari tadi saya disini, semua berjalan lancar dan pelayanan publik sangat bagus serta tidak ada pungli,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Disdukcapil Konsel Muh Yusuf yang juga kaget atas kunjungan mendadak Wabup Rasyid ikut menjelaskan di hadapan warga bahwa pelayanan di instansi yang dipimpinnya dilakukan secara profesional dan tidak ada pungli.

Terkait blanko KTP, stok yang dimiliki saat ini sangat banyak dan masih bisa melayani hingga Maret 2022 serta bakal terus menyediakannya sampai kapan pun.

“Siapa bilang blanko KTP-el kami kosong? Bahkan sampai Maret 2022 pun dengan kondisi sekarang masih bisa kami terbitkan langsung. Normalnya kami siapkan 3 ribu sampai 6 ribu keping perbulan,” jelasnya.

Muh Yusuf menghimbau bagi warga yang akan mengurus dokumen selain KTP-el dan KIA, dapat langsung ke kantor kecamatan terdekat tanpa harus ke kabupaten.

“Karena pihak kami telah menyiapkan petugas Disdukcapil di seluruh kecamatan se-Konsel,” tutupnya.

(Redaksi)

227

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed