oleh

Vaksinasi Anak di SDN 1 Mataiwoi Ditinjau Langsung oleh Pj Bupati Koltim

Pj Bupati Koltim (tengah dari kiri) saat memantau pelaksanaan vaksinasi anak usia sekolah. (Foto/supriadin)

LAYARSULTRA.COM, KOLTIM – Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur (Koltim) menggelar vaksinasi anak usia 6-11 tahun, bertempat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Mataiwoi, Kecamatan Loea, Kabupaten Koltim, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (18/1/2022).

Vaksinasi Covid-19 bagi anak usia sekolah ini merupakan vaksinasi yang pertama dilakukan oleh Pemda Koltim, dengan menyasar ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Koltim.

Untuk memantau pelaksanaan vaksinasi anak, Pj. Bupati Koltim Sulwan Aboenawas bersama rombongan melakukan peninjauan langsung ke lokasi vaksinasi di SDN 1 Mataiwoi.

Baca Juga :  Resmi Didirikan, Hippmaharu Sultra Gelar Pelantikan Pengurus dan Selenggarakan Dialog Publik

Pj. Bupati Koltim saat diwawancara oleh layarsultra.com menjelaskan bahwa vaksinasi yang menyasar terhadap anak usia 6-11 tahun ini dilakukan guna memberikan kekebalan terhadap anak dari penularan virus Covid-19.

“Kekebalan yang diberikan adalah kekebalan secara artifisial (buatan), karena kita ketahui kekebalan itu ada 2 jenis, yaitu yang terbentuk secara alamiah dan buatan,” kata Sulwan.

Kekebalan secara alamiah adalah kekebalan yang terbentuk oleh penyintas Covid-19 setelah terkonfirmasi positif. Jika hanya mengandalkan kekebalan secara alamiah untuk membentuk herd immunity, maka akan dibutuhkan waktu yang cukup lama dan dapat menelan korban jiwa yang banyak.

Baca Juga :  Salurkan Dana Desa Tepat Waktu, Kabupaten Koltim Raih Predikat Daerah Penyalur DD Terbaik se-Sultra

Vaksinasi dilakukan dalam berapa tahap, di mana tahap I diberikan kepada sasaran tenaga kesehatan yang rentan terpapar karena berpotensi kontak secara intens dengan pasien positif.

Selanjutnya dilakukan vaksinasi tahap II dengan sasaran pelayanan publik. Seiring waktu dengan dilakukan uji klinis secara terus-menerus, maka tahap selanjutnya vaksinasi diberikan kepada masyarakat umum termasuk kelompok lanjut usia (lansia).

Baca Juga :  Wanara Sultra Desak Kejati Segera Tetapkan Komisaris serta Direktur PT WIL dan PT BPS Sebagai Tersangka

Untuk Kabupaten Koltim yang telah melakukan vaksinasi Dosis 1 sebanyak 69.606 orang (73,17 persen), Dosis 2 sebanyak 36.153 orang (38,00 persen) dan Dosis 3 (booster nakes) sebanyak 606 orang (92,80 persen).

“Total sasaran vaksinasi dari seluruh kelompok sejumlah 95.133 orang. Ditambah dengan sasaran baru kelompok anak usia 6-11 tahun sebanyak 12.213 orang sehingga jumlah total sasaran saat ini adalah 107.346 orang,” ungkap Sulwan.

“Harapan kami, setelah melakukan vaksinasi anak sekolah akan menjadi lebih kebal terhadap virus Covid-19,” imbuhnya.

Reporter : Supriadin
Editor : Agus

249

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed