Bupati Konsel Buka Vaksinasi Perdana Untuk Anak Usia Sekolah di Lapangan Ranomeeto

Bupati Konsel bersama anak-anak yang baru saja mengikuti vaksinasi massal di Ranomeeto. (Foto/diskominfo konsel).

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) mulai melaksanakan vaksinasi massal dengan menyasar kepada anak usia 6 – 11 tahun. Kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Sorumba, Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konsel, Sulawesi Tenggara (Siltra), Rabu (19/1/2022).

Acara kick off yang disebut sebagai imunisasi anak ini dibuka langsung oleh Bupati Konsel Surunuddin Dangga didampingi Wakil Bupati Rasyid dan Sekretaris Daerah Sjarif Sajang.

Imunisasi perdana untuk anak usia sekolah ini ditandai dengan penyuntikan vaksin kepada anak Reynald siswa SDN 1 Konsel, yang disaksikan oleh Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto, Dandim 1417/Kendari Kolonel Inf Windarto dan Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo.

Hadir juga Kepala Kejari Konsel Aprillianna Purba, Kepala Kemenag Konsel Joko, Ketua TP PKK Kabupaten Konsel Hj. Nurlin Surunuddin dan Ketua DWP Hj. Ariyati Sjarif.

Saat membuka kegiatan, Bupati Konsel menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak, khususnya TNI-Polri atas kerjasamanya, baik dukungan personil maupun logistik, sehingga pelaksanaan vaksinasi di Konawe Selatan dapat berjalan lancar dan mencapai target nasional pada dosis pertama yang mendekati angka 80 persen.

“Terima kasih kepada seluruh elemen atas sinergitas yang terbangun, sehingga pelaksanaan vaksinasi sebelumnya dan hari ini berjalan tertib dan aman. Kegiatan ini secara simultan terus kita laksanakan sampai seluruh masyarakat tervaksin, juga demi membentuk herd immunity di Kabupaten Konawe Selatan,” ucap Surunuddin.

Baca Juga :  SPBU Rate-Rate Kembali Layani Kendaraan Isi BBM Subsidi Berulangkali Diduga Akan Dijual Kembali

Selain itu, ia menghimbau kepada orang tua murid untuk mengajak anaknya melakukan vaksinasi guna mendukung terlaksananya kegiatan belajar tatap muka, sekaligus menyampaikan terima kasih karena telah mengantarkan anaknya untuk disuntik vaksin jenis sinovac pada hari ini.

Selain kegiatan imunisasi massal dengan memberikan souvernir berupa tas kepada anak pasca di vaksin, Pemda Konsel nantinya bakal mobile ke sekolah-sekolah untuk menyasar anak didik yang belum tervaksin.

Di tempat yang sama, Sekda Konsel Sjarif Sajang dalam laporannya mengatakan bahwa total sasaran target imunisasi anak se-Konsel usia 6 – 11 tahun sebanyak 36.542 anak yang terdiri dari 34.035 siswa Sekolah Dasar (SD) dan 2.537 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI).

“Untuk kick off hari ini sebanyak 1.326 sasaran siswa yang terdaftar berasal dari SDN 1, 4, 8 dan 11 Konawe Selatan. Kegiatan ini juga bersamaan dilaksanakan pada 14 kecamatan/Puskesmas lainnya. Dengan total sasaran hari ini sebanyak 3.497,” jelasnya.

Pelaksanaan vaksinasi anak ini terdiri dari 13 Tim Tenaga Kesehatan yang bekerja dalam imunisasi massal di Lapangan Ranomeeto, diantaranya dari Dinas Kesehatan Konsel, Personil Polres Konsel dan Sat Brimobda Polda Sultra.

Sementara untuk stok vaksin sinovac sendiri di Kabupaten Konsel masih tersedia sebanyak 10.304 vial atau 20.608 dosis. Adapun capaian vaksinasi dosis pertama hingga hari ini se-Kabupaten Konsel sebesar 79,67 persen.

Baca Juga :  Cegah Kenakalan Remaja dan Penyakit Masyarakat, Kapolsek Baito Pimpin Razia Jam Rawan Kriminalitas

Masih dilokasi yang sama, Bupati Konsel bersama Wakil Bupati, Kapolda, Dandim, Kapolres dan Sekda mengikuti video conference vaksinasi serentak di seluruh Indonesia bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit dari Mabes Polri di Jakarta yang didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Reporter : Muh. Sopian
Editor : Agus
376

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *