oleh

Hadiri Pengukuhan, Pj Bupati Koltim Harapkan DPD LAT Jadi Pemersatu Beragam Etnis

Proses pengukuhan DPD LAT Koltim. (Foto/supriadin).

LAYARSULTRA.COM, KOLTIM – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Lembaga Adat Tolaki (LAT) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) periode 2022-2027 resmi dikukuhkan.

Pengukuhan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) LAT Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Masyur Masie Abunawas, bertempat di Aula Pemda Koltim, Rabu (19/1/2022).

Pengukuhan itu turut dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina DPP LAT sekaligus Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas, Pj. Bupati Koltim Sulwan Aboenawas, Ketua DPRD Koltim Suhaemi Nasir, unsur Forkopimda, Anggota DPRD, para pimpinan OPD, camat, kepala desa dan lurah serta tamu undangan lainnya.

Dengan mengangkat tema ‘Optimalisasi Peran Lembaga Adat Tolaki Kabupaten Kolaka Timur Sebagai Mitra Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kolaka Timur’, pengukuhan tersebut berjalan secara lancar dan khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan virus Covid-19.

Baca Juga :  Pastikan Kebenaran Isu Tentang Pelayanan di Disdukcapil Konsel, Wakil Bupati Rasyid Lakukan Sidak

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Koltim Sulwan Aboenawas mengatakan bahwa di Kabupaten Kolaka Timur ini terdapat berbagai macam suku dan agama yang sudah lama hidup membaur menjadi satu.

“Oleh karena itu, keberadaan LAT ini tentunya harus dapat menjadi tali pengikat serta payung pemersatu dan dapat memberikan kontribusi berupa pemikiran atau ide-ide serta nasehat dalam rangka mendukung proses pembangunan di Kabupaten Kolaka Timur,” ucapnya.

Baca Juga :  Direktur Ampuh Sultra : Dugaan Pelanggaran RTRW Menambah Daftar Pelanggaran PT Tiran Mineral di Konawe Utara

Sulwan menambahkan, dengan keanekaragaman suku dan budaya yang ada, maka LAT harus bisa menunjukkan jati diri sebagai lembaga yang mampu menjawab dan menjernihkan seluruh persoalan – persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.

“Sebagai Dewan Pembina, saya mengajak kepada seluruh pengurus untuk selalu bekerja dengan tulus serta ikhlas demi kemajuan daerah dan semangat untuk menggelorakan kembali seni, adat dan budaya kita,” ungkap Sulwan.

“Saya ucapkan selamat atas pengukuhan dan pelantikan DPD LAT Kabupaten Koltim. Semoga para pengurus mampu menjalankan amanah untuk berbakti demi kemajuan daerah serta dapat menjadi contoh suri tauladan bagi masyarakat dalam mengamalkan adat istiadat dan budaya,” imbuhnya.

Baca Juga :  Giat Jumat Bersih, Seluruh OPD di Koltim Beramai-ramai Bersihkan Sudut Rate-Rate

Sementara itu, Ketua DPD LAT Kabupaten Kolaka Timur Ilham P. Amir menyampaikan, untuk langkah awal yang akan dilakukan oleh pihaknya adalah membuat sekretariat DPD LAT.

“Saya akan usahakan agar ada sekretariat DPD LAT Koltim. Selain itu, kami juga akan membuka kepengurusan di tingkat kecamatan,” kata Ilham.

“Kedepannya, kami juga akan berkolaborasi dengan ormas-ormas yang ada di Kabupaten Koltim serta etnis lainnya, untuk menggelar pawai budaya yang dapat diikuti oleh seluruh etnis yang ada di Kabupaten Koltim,” tutupnya.

Reporter : Supriadin
Editor : Agus

318

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed