oleh

Tingkatkan Keamanan Laut, Pemda Konsel Kerjasama Bakamla Bangun Stasiun Sistem Peringatan Dini

Bupati Konsel (tengah) dan Deputi Bidang Kebijakan dan Strategi Bakamla RI (kiri) usai penandatangan MoU pembangunan SPD. (Foto/diskominfo konsel).

LAYARSULTRA.COM, JAKARTA – Untuk meningkatkan pemantauan keamanan dan keselamatan laut, Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) bekerjasama dengan Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) akan membangun Stasiun Sistem Peringatan Dini (SPD).

Lokasi pembangunan SPD ini akan ditempatkan di Desa Tanjung Tiram, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konsel, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kerjasama itu dituangkan dalam Nota Kesepakatan (MoU) yang ditandatangani oleh kedua belah pihak, bertempat di Aula Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Kamis (20/1/2022).

Baca Juga :  Wali Kota Kendari Kunjungi Pelabuhan Gresik Dalam Rangka Pengembangan Pelabuhan Bungkutoko

Dalam penandatanganan MoU itu, Bupati Konsel Surunuddin Dangga didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Konsel Budi Yuliarto Silondae, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Erna Yustiana, Kabag Hukum Pujiono dan Kabag Kerjasama Hasbi.

Sedangkan dari pihak Bakamla RI diwakili oleh Deputi Bidang Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Laksamana Muda (Laksda) Tatit E Witjaksono.

Dalam sambutannya, Kepala Bakamla RI Laksamana Madya (Laksdya) TNI Dr. Aan Kurnia yang diwakili oleh Laksda Tatit E Witjaksono mengatakan, Bakamla memiliki program pembangunan SPD yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Baca Juga :  Ditarget Minimal 50 Persen, Seluruh Kecamatan di Koltim Gencar Percepat Vaksinasi Covid-19

“Total ada 35 titik SPD dan Kabupaten Konsel termasuk didalamnya yang akan berlokasi di Desa Tanjung Tiram, Kecamatan Moramo Utara,” ucap Tatit.

“Dan penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) ini dalam ranah peningkatan keamanan dan keselamatan di laut yang merupakan salah satu upaya kehadiran Bakamla RI dalam menjaga perairan Nusantara,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Konsel Surunuddin menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas kepercayaan Bakamla RI yang telah menunjuk Kabupaten Konsel sebagai wilayah pembangunan SPD.

Baca Juga :  Konsorsium Masyarakat Sultra Lakukan Bakti Sosial dan Deklarasi Anies Baswedan untuk Presiden 2024

Bupati juga menyatakan kesiapannya dalam mendukung Bakamla RI membangun SPD di Desa Tanjung Tiram, yakni berupa penyiapan lahan yang nantinya akan dijadikan lokasi pembangunan Stasiun SPD di Kabupaten Konsel.

“Fasilitas yang akan dibangun oleh Bakamla RI juga akan sangat bermanfaat dalam mendeteksi dini bencana dan akan menjadi upaya pemberdayaan masyarakat pesisir dalam rangka mendukung peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Konsel,” ungkapnya.

Reporter : Muh. Sopian
Editor : Agus

191

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed