oleh

Gelar Audiensi dan Koordinasi Pencegahan Korupsi, Tim Supervisi KPK Kunjungi DPRD Konsel

Jajaran Tim Supervisi KPK bersama pimpinan DPRD Konsel saat gelar audiensi pencegahan korupsi. Foto/humas sekretariat DPRD Konsel.

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Tim Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah IV Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, melakukan kunjungan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (27/1/2022).

Kunjungan Tim Supervisi KPK RI ini diterima langsung oleh Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, S.Sos.,M.Si, yang didampingi Wakil Ketua I Armal, Wakil Ketua II Hj. Hasnawati, SE, beserta Anggota DPRD lainnya.

Baca Juga :  DPRD Bersama Pemda Konsel Tetapkan 7 Raperda Menjadi Perda

Kedatangan jajaran Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah IV Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI ini bermaksud untuk melaksanakan audiensi dan koordinasi Program Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di DPRD Kabupaten Konsel.

“Tujuan kunjungan kami disini adalah berupaya dalam pencegahan korupsi,” ucap Satgas KPK Basuki Haryono.

Satuan Tugas (Satgas) KPK ini terbagi menjadi dua, yakni Satgas Pencegahan dan Satgas Penindakan. Sebelum melakukan tangkap tangan, terlebih dahulu Satgas telah melakukan pencegahan.

Strategi KPK yaitu membangun sistem dalam pencegahan korupsi secara terintegrasi. Kasus tertinggi dalam tindak pidana korupsi adalah kasus penyuapan. Modus korupsi Kepala Daerah adalah dengan penyalahgunaan jabatan. Dan tersangka tertinggi berasal dari Pemerintah Daerah.

Baca Juga :  Pasca Kejadian Bom Bunuh Diri di Makassar, Polres Konsel Gelar Pertemuan FKUB Untuk Menjaga Harmonisasi Umat Beragama

Di tempat yang sama, Satgas KPK Tri Budi. R juga memaparkan bahwa Pengadaan Barang dan Jasa merupakan area yang paling rawan korupsi. Ia pun mengharapkan kepada pihak DPRD untuk tidak terpengaruh dengan tekanan dari manapun.

“Pemerintah Daerah paling banyak terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) dengan kasus pengadaan barang dan jasa karena Pemerintah Daerah selaku pemegang anggaran. KPK hanya berupaya mencegah dalam satu sisi. Pencegahan hari ini yang kami lakukan tetapi berefek beberapa tahun kedepan,” kata Tri.

Baca Juga :  Jalan Rusak Tak Kunjung Diaspal, Aliansi Masyarakat Desa Watumerembe Blokade Jalan Kendari-Andoolo

Sementara itu, mewakili seluruh Anggota DPRD Konsel, Ketua DPRD Irham Kalenggo mengucapkan terima kasih atas kedatangan dan kunjungan dari Satgas KPK RI ke kantor DPRD Kabupaten Konawe Selatan.

“Terima kasih atas kedatangan Tim Supervisi KPK dalam rangka audiensi dan koordinasi tentang program pencegahan dan pemberantasan korupsi terintegrasi di DPRD Konsel,” sebutnya.

(Redaksi/Agus)

273

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed