Profil  

Andi Nirwana Sebbu, Sosok Cerminan Perempuan Sulawesi Tenggara

Hj. Andi Nirwana Sebbu (Anggota DPD-RI Dapil Sultra).

LAYARSULTRA.COM – Jumlah pemimpin perempuan yang ada di Indonesia hingga saat ini masih sangat minim dibandingkan dengan pemimpin laki-laki. Bahkan beberapa kalangan memandang bahwa kehadiran pemimpin perempuan menjadi suatu permasalahan tersendiri.

Namun pada dasarnya, perempuan juga memiliki hak yang sama dengan laki-laki terutama dalam menduduki kursi kepemimpinan.

Andi Nirwana Sebbu merupakan sosok perempuan inspiratif bagi seluruh elemen perempuan Sulawesi Tenggara bahkan Indonesia. Bagaimana tidak, Andi Nirwana merupakan sosok yang menunjukkan eksistensi perempuan karir sebagai Bunda PAUD Bombana, Ketua TP-PKK Bombana dan Anggota DPD-RI Dapil Sulawesi Tenggara.

Kaum perempuan di Sulawesi Tenggara sudah seharusnya menyadari akan pentingnya peran mereka di tengah masyarakat, sebab perempuan merupakan lilin-lilin kecil di dalam gelapnya sebuah peradaban.

Saat ditemui dan berbincang persoalan eksistensi perempuan sebagai seorang pemimpin, Andi Nirwana Sebbu mengatakan bahwa perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki dalam hal kepemimpinan.

Baca Juga :  YLBH Alkindi Resmi Disahkan di Hadapan Notaris, Siap Berikan Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Kurang Mampu

Dalam ilmu feminisme, teori ini dibedakan menjadi dua. Pertama moderate atau different theory yang menyebutkan bahwa laki-laki dan perempuan adalah setara tetapi berbeda, yang mana perbedaan tersebut bukan berarti satu pihak melebihi pihak lainnya. Dalam ide ini cenderung untuk mempertahankan peran gender secara tradisional.

Sedangkan teori kedua adalah progressive atau sameness theory yang menyebutkan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki hak yang setara dalam hal apapun, karena pada dasarnya untuk mencapai suatu posisi tertentu, seseorang dinilai dari kecakapannya bukan dari jenis kelaminnya.

“Solusi yang tepat untuk membantu kaum perempuan agar memperoleh hak yang sama dengan kaum laki-laki adalah dengan memberikan kesempatan yang besar untuk menduduki posisi atau jabatan di berbagai bidang,” kata Andi Nirwana.

“Dan untuk mencapai hal tersebut, maka kaum perempuan harus dibekali pendidikan tentang kepemimpinan,” imbuhnya.

Reporter : Muh. Ainul 607

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *