oleh

Tahun 2023, Pemkab Konsel Prioritaskan Empat Program Pembangunan

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Konawe Selatan Tahun 2023. Kamis, 24/03/2022

Musrenbang ini turut dihadiri Kepala Bapedda Sultra Robert J Maturbongs, unsur forkopimda Konsel, pejabat eselon II dan III, Camat dan delegasi Kecamatan se Kabupaten Konsel.

Bupati Konawe Selatan H Surunuddin Dangga melalui Sekretaris Daerah (Sekda) H Sjarif Sajang mengatakan pada tahun pertama dibawah Kepimpinan Bupati Surunuddin dan Rasyid, pada tanggal 25 oktober 2021 melalui Peraturan Daerah (Perda) nomor 15 tahun 2021 kita menyelesaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Konawe Selatan Tahun 2021 — 2026

Baca Juga :  Selenggarakan Seleksi JPTP, KASN Puji Bupati Konsel yang Patuh Aturan Kepegawaian

Pada tahun kedua, sambung Sjarif, tahun 2022 ini saatnya segenap elemen masyarakat konawe selatan melaksanakan seluruh program dan kegiatan pembangunan yang sudah tertuang dalam RPJMD dan APBD secara sungguh-sungguh, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

” pertama meningkatkan kualitas sumber daya manusia, penguatan perekonomian berbasis pedesaan, penguatan tata kelola pemerintahan dan peningkatan insfrastruktur dasar serta mendukung pemulihan ekonomi dan kesehatan’,” Papar Sjarif

Baca Juga :  Pemda Konsel Tetapkan Besaran Zakat Fitrah Ramadhan 1442 H/2021 M

Adapun empat prioritas pembangunan kabupaten konawe selatan di tahun 2023 yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia peningkatan kapasitas puskesmas, peningkatan mutu pendidik dan tenaga kesehatan, penurunan kasus stunting dan gizi buruk, serta peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja.

penguatan perekonomian berbasis perdesaan peningkatan kapasitas pasar, pembangunan sarana pertanian, pengembangan pemasaran dan _ destinasi wisata, serta pengembangan ekonomi kreatif.

penguatan tata kelola pemerintahan yakni pembinaan dan pengembangan reformasi birokrasi, peningkatan kompetens| pns dan pengelola keuangan, dan pengembangan teknologi informasi.

Baca Juga :  Warga Konsel Yang Dilarikan ke Rumah Sakit Usai Vaksinasi. Kini Membaik

peningkatan infrastruktur dasar yaitu peningkatan jalan daerah tertinggal, terisolir, dan pariwisata, serta peningkatan jalan infrastruktur pedesaan.

Pada kesempatan yang sama Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo mengungkapkan, pihaknya komitmen mengawal pembangunan daerah. Salah satu instrumen yang disiapkan adalah gelaran rapat kerja antara eksekutif dan legislatif.

“Rapat kerja berbeda dengan RDP. Didalamnya lebih kepada sinkronisasi antara DPRD dan Pemkab khususnya OPD di Konsel. Apa yang jadi masalah teman-teman OPD dan apa yang bisa DPRD bantu,” jelas Irham.

Penulis : AKBAR

135

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed