oleh

Dana Desa di 225 Desa, Siap dicairkan

LayarSultra.com, Konawe Selatan – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konawe Selatan merilis 225 desa dari 336 desa di Konawe Selatan telah mendapat rekomendasi untuk pencairan Dana Desa (DD)

Kepala DPMD Konawe Selatan Annas Mas’ud mengatakan sebanyak 225 desa atau sekitar 67 persen desa di Konawe Selatan telah siap melakukan pencairan dana desa (DD).

“Masih tersisa 111 desa yang dalam proses pengurusan selanjutnya di DPMD,” sebut Annas.

Baca Juga :  Bupati konsel Pimpin Rapat Evaluasi Program Pembangunan

saat ini DPMD, kata anas, sangat siap menfasilitasi asistensi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Sehingga, tidak ada hambatan dalam penyusunan APBDes hingga proses rekomendasi pencairan DD bisa lebih cepat dari tahun sebelumnya.

“Arah kebijakan Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga ST MM terhadap belanja DD mendorong dan memprioritaskan sektor produktif dengan mengembangkan budidaya tanaman unggulan yang berorientasi ekspor,” ujar Annas.

Baca Juga :  Wujudkan Usulan Kelompok Tani, Udin Saputra Serahkan Satu Unit Hand Traktor

Sebab, budidaya tanaman ekspor telah memiliki pasar yang jelas dengan tersedianya pasar atau pabrik yang akan menyerap hasil panen masyarakat ataupun menjadi bahan baku ekspor.

“Antara lain budidaya tanaman porang, kopi, kelapa dalam, kelapa sawit, dan berbagai budidaya unggulan lainnya,” ujar Annas.

Kata dia, untuk mendorong itu pemerintah mengalokasikan 20 persen penyediaan DD untuk mendukung ketahanan pangan dan hewani utamanya bagi keluarga penerima BLT DD dan masyarakat miskin lainnya.

Baca Juga :  Bupati Surunuddin Serahkan 787 SK PPPK

Annas menambahkan pelaksanaan rekomendasi DD telah dilaksanakan oleh DPMD sejak 16 Februari yang lalu.

“Diharapkan rekomendasi dlm bulan April ini bisa kita tuntaskan dan mohon kerjasama kepala desa agar secepatnya melakukan pengurusan DD di kantor DPMD,” imbaunya.

Penulis : Akbar

146

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed