oleh

Tinggal di Rumah yang Hampir Ambruk, Lansia di Koltim Ini Butuh Uluran Tangan

Rumah milik keluarga Maalano yang nyaris ambruk

LAYARSULTRA.COM, KOLTIM – Tinggal dirumah kayu yang reot dan nyaris roboh, Malaano (70), warga Lingkungan II, Kelurahan Simbalai, Kecamatan Loea, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), terpaksa harus bertahan hidup di tengah keadaan ekonomi yang serba kekurangan.

Dari pantauan Persatuan Wartawan Anak Koltim (PWAK) yang mewadahi sejumlah media online dan cetak yang ada di Kabupaten Koltim, menyambangi langsung di kediaman keluarga Malaano, Minggu (17/4/2022).

Baca Juga :  Peringati HUT Korps Lalu Lintas ke-65, Satlantas Polres Konsel Bagikan Helm Kepada Para Tukang Ojek

Terlihat rumah kayu itu tidak hanya nyaris roboh, tapi keadaan di dalam rumahnya pun sangat memprihatinkan.

Malaano tinggal bersama istrinya dan kedua cucunya yang mana salah satu diantaranya mengalami kebutaan kedua bola matanya yang sudah puluhan tahun.

“Sudah puluhan tahun kami tinggali rumah ini, sejak itu juga cucuku Hariyani buta setelah sakit serampa,” katanya kepada PWAK.

Baca Juga :  Pemda Konsel Gelar Rapat Koordinasi di Wisata Air Terjun Moramo

Dikatakannya, selama puluhan tahun tinggal di rumah tersebut, sudah ada upaya dari sanak keluarga dan tetangga mengusulkan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) namun belum berpihak padanya.

Tidak hanya itu, kondisi tubuh Malaano yang sudah lansia sering sakit-sakitan dengan pasrah mempertahankan hidup bersama istri dan kedua cucunya.

“Kami hanya berharap kepada pemberian anak-anak kami yang semuanya sudah berkeluarga serta bantuan pada pemerintah demi kelangsungan hidup kami,” ucapnya.

Baca Juga :  Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan, Plt Bupati Koltim Serahkan Kartu Keluarga Sejahtera kepada 195 KPM

“Kami berharap, Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur dapat memberikan bantuan kepada keluarga kami, sebab rumah ini sedikit hari lagi akan tumbang,” tutupnya.

Reporter : Supriadin
Editor : Ria

308

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed