oleh

Wagub Sultra Buka Festival Kopi Tanah Air di Pelataran Eks MTQ Kendari

LAYARSULTRA.COM, KENDARI – Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Wagub Sultra) Lukman Abunawas menghadiri serta membuka acara Festival Kopi Tanah Air yang dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang ke 47, bertempat di pelataran eks MTQ Kota Kendari, Jum’at (27/5/2022).

Dalam acara tersebut, tampak hadir Ketua DPRD Provinsi Sultra Abdurrahman Saleh, Anggota DPRD Sultra asal Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Gunario dan sejumlah kader PDI-P beserta pecinta kopi se-Sultra.

Sekitar ratusan orang menyaksikan langsung Festival Kopi Tanah Air dengan slogan rekor muri uji cita rasa dan sulang kopi bersama. Acara itu juga ikut diramaikan oleh kelompok Reog Ponorogo asal Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) serta penampilan dari beberapa artis Kota Kendari.

Baca Juga :  Masih Banyak ASN Tinggal di Luar Konsel, Wakil Bupati Rasyid Bakal Berikan Tindakan Tegas

Wagub Sultra Lukman Abunawas mengatakan bahwa kegiatan Festival Kopi Tanah Air merupakan salah satu kegiatan yang dapat mempersatukan serta mempererat persaudaraan dan persahabatan serta membangun persatuan dan kesatuan.

“Kopi Tanah Air siap ditumbuhkembangkan di Sulawesi Tenggara. Mari kita nikmati bersama-sama peninggalan leluhur kita. Acara ini juga dilaksanakan sejak hari ini sampai tiga hari kedepan,” kata Lukman, seraya berkata ‘merdeka, merdeka’.

Lukman mengatakan Kopi Tanah Air di Sulawesi Tenggara sudah tersebar di sembilan kabupaten/kota yang masuk sebagai penghasil kopi lokal dan terus dikembangkan.

Baca Juga :  Pemkab Konsel Terima Piagam Penghargaan dari Ombudsman RI

“Terimakasih kepada para penggiat pecinta kopi lokal yang juga sudah mendukung Festival Kopi Tanah Air di tahun 2022, ada beberapa pengusaha kopi lokal dan UMKM yang telah bergabung membantu memeriahkan,” jelasnya.

Lanjut mantan Bupati Konawe ini menyampaikan bahwa perlu kita cintai peninggalan orang tua kita terdahulu sehingga tetap terjaga agar tidak terancam punah.

“Kopi itu betul-betul idola orang tua dan di setiap rumah tangga terutama di daratan Kota Kendari, Konawe, Kolaka semuanya pasti ada kopi, kalau ada tamu pasti disuguhkan kopi,” terangnya.

Lebih lanjut Lukman mengajak agar sekarang ini penjualan kopi di semua daerah dapat dipasarkan dengan baik, melalui Festival Kopi Tanah Air di Sulawesi Tenggara agar terus ditingkatkan.

Baca Juga :  Ruksamin-Abuhaera Resmi Dilantik oleh Gubernur Sultra Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Konawe Utara Periode 2021-2026

“Mari kita kembalikan marwah kopi lokal dan terus mencintai kopi asli lokalan agar dapat dipasarkan, baik tingkat nasional maupun internasional,” ajaknya.

Dalam kesempatan itu, Lukman mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua DPC PDIP Kota Kendari Ishak Ismail dan seluruh jajarannya yang sudah berkenan menjadi tuan rumah sebagai prasa utama Festival kopi Tanah Air di Sulawesi Tenggara tahun 2022.

“Terima kasih kepada seluruh jajaran DPC PDIP Kota Kendari yang telah menjadi tuan rumah sehingga kegiatan berjalan lancar,” tutupnya.

(Redaksi/Supriadin)

245

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed