Cegah Penyebaran Hoaks di Tengah Masyarakat, LKBN ANTARA Gelar Seminar untuk Insan Pers di Sultra

Jurnalis dari berbagai media di Sultra usai mengikuti seminar dari LKBN ANTARA.

LAYARSULTRA.COM, KENDARI – Untuk mencegah penyebaran hoaks di tengah masyarakat, Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA menggelar seminar dan pelatihan dengan mengangkat tema Peran Jurnalis di Tengah Informasi Hoaks di Masyarakat, bertempat di Swis Bel-Hotel Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (30/6/2022).

Seminar ini digelar sebanyak dua sesi dengan sistem hybrid (offline dan online) dan diikuti oleh ratusan wartawan dari berbagai media yang ada di Sultra, baik media cetak, siber, televisi maupun radio.

Dalam seminar tersebut, hadir sebagai narasumber yakni Dedi Helsyanto selaku Fact Checker MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) dan Sekretaris LKBN ANTARA Iswahyuni.

Pada kesempatan itu, Iswahyuni mengatakan seminar ini digelar sebagai bagian dari program tanggungjawab sosial dan lingkungan LKBN ANTARA dalam meningkatkan kemampuan dan kompetensi terhadap jurnalis.

Baca Juga :  DPRD Bersama Pemda Koltim Gelar Paripurna Penetapan KUA-PPAS APBD 2022

“Pelatihan ini seharusnya diselenggarakan bersamaan dengan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Sultra pada Februari lalu, namun karena kita tahu rekan-rekan wartawan sibuk liputan kegiatan HPN, maka pelatihan baru dapat terlaksana saat ini,” kata Iswahyuni via Zoom meeting.

“Saya berharap apa yang disampaikan oleh narasumber dapat bermanfaat bagi teman-teman wartawan dalam menjalankan aktivitas liputan,” imbuhnya.

Sementara itu, Dedi Helsyanto mengatakan materi seminar dan pelatihan kali ini yakni bagaimana membedakan antara fakta dan hoaks dengan memanfaatkan mesin pencarian google.

“Materi yang kami berikan yakni memanfaatkan mesin pencarian di internet seperti google. Peserta seminar akan mempraktekkan langsung bagaimana caranya untuk mengetahui sebuah informasi itu fakta atau hoaks,” jelasnya.

Reporter : Muh Ainul
Editor : Agus 427

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *