oleh

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Konsel maksimalkan Program TPBIS

LayarSultra.com, Konawe Selatan – Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) telah menunjukkan dampak nyata dalam pemberdayaan masyarakat. Hasil positif terlihat di mana perpustakaan digunakan sebagai tempat berbagai macam kegiatan dalam rangka peningkatan keterampilan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Konsel, Drs.Sahrin,M.Si melalui PIC penanggung jawab Program TPBIS, Hj.Asni,.S.Sos.M.Ap. Ia menjelaskan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan suatu pendekatan pelayanan perpustakaan yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. 

Baca Juga :  NIK Terdaftar di Sipol, KPU Konsel Terima Tujuh Aduan Masyarakat Pencatutan Nama

“Sehingga perpustakaan berperan memfasilitasi masyarakat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki,” ungkapnya.

Asni menyebut, terbaru dengan program tersebut pihaknya melaksanakan pelatihan pengolahan limbah sekam padi menjadi pupuk tanaman hias. Serta pelatihan keterampilan merangkai bunga dari limbah plastik atau kresek. 

“Kita ketahui bersama, sekam padi adalah limbah dari penggilingan padi yang terbuang sehingga dinas perpustakaan menginisiasi untuk mengundang PKK dan kelompok DasaWisma sebagai peserta pelatihan tersebut,” jelasnya.

Baca Juga :  Pemda Konsel Serahkan Rancangan APBD Tahun 2023 ke DPRD

“Begitupula dengan pemanfaatan limbah plastik, yang dapat bermanfaat dan menjadi sumber pendapatan dalam keluarga. Pesertanya kader PKK Konsel dan Dasa Wisma,” imbuhnya.

Melalui pelatihan itu, lanjutnya, mampu menambah pengetahuan literasi di bidang keterampilan kepada ibu-ibu dan mengaplikasikan ilmu yang telah di baca di perpustakaan daerah. Pihaknya juga bertekad, dapat meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat. 

Baca Juga :  E-Sport Konsel Targetkan Siap Raih Medali Emas

“Sehingga melalui program inklusi sosial, masyarakat Konawe Selatan menuju sejahtera. Karena dengan membaca dapat merubah kehidupan dengan berbagai ilmu keterampilan yang dimiliki melalui Perpustakaan Daerah,” pungkasnya.

Laporan : Akbar

74

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed