oleh

Diskusi Bersama Insan Pers, Ketua Bawaslu Konsel : Peran Media dan Partisipasi Masyarakat Sangat Penting

LayarSultra.com, Konawe Selatan – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar diskusi bersama media massa atau insan pers dalam menyongsong Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang akan dihelat di tahun 2024 mendatang. Kamis (14/7/2022).

Diskusi tersebut dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Konsel, Hasni S.Pi MH didampingi Kordiv HPPPS, Awaludin AK S.Hi, Kordiv SDM, Muamar, serta Komisaris Utama Sultra Demo, Arafat SE MM sebagai narasumber dan diikuti masing-masing perwakilan dari media massa yang bertugas diwilayah Konsel.

Ketua Bawaslu Konsel, Hasni saat membuka diskusi mengatakan, bahwa peran media dalam pelaksanaan tugas-tugas Bawaslu sangat penting.

Baca Juga :  Meriahkan HUT RI ke 77, Bupati Konsel Buka Pekan Olahraga Tingkat Kecamatan Andoolo

Olehnya itu, kata dia, pihaknya lebih awal melaksanakan kegiatan diskusi ini bersama teman-teman dari awak media dengan mengangkat tema “Komunikasi Efektif dan Peran Media Massa Dalam Menyongsong Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024”

“Dalam penyelenggaran pemilu peran dan partisipasi media, dan partisipasi masyarakat sangat penting,” ujar Hasni.

Sedangkan Kordiv HPPPS Bawaslu Konsel, Awaludin AK menjelaskan, bahwa ada beberapa hal yang perlu dapat penekanan terkait sinergitas bersama media massa.

Pertama, Bawaslu sebagai jabatan publik harus menjalankan fungsi kehumasan. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat.

Baca Juga :  Ini Jawaban Pemda Konsel Terhadap Pandangan Umum Fraksi DPRD Konsel tentang Rancangan APBD-P Tahun 2022

“Juga diberi kewenangan untuk mengelola keterbukaan informasi publik. Namun berkaitan dengan informasi ada yang dikecualikan, dalam hal penanganan pelanggaran pemilu yaitu terkait dengan dokumen-dokumen. Selain dari itu, semua informasi dapat di akses oleh teman-teman media dan masyarakat,” jelasnya

Berikutnya, fungsi pengawasan partisipatif. Disini media sangat berperan, salah satu perannya adalah dalam hal pencegahan berita hoax atau berita bohong, money politik (politik uang) serta pencegahan pelanggaran lainnya .

Serta, tambahnya, fungsi sosialisasi. Disini juga peran media sangat penting dalam hal penyebaran informasi tugas-tugas Bawaslu kepada publik. Sebab, semua informasi jika media yang menyebarluaskannya maka akan cepat dan mudah diakses oleh masyarakat.

Baca Juga :  Kapolres Konsel Beri Penghargaan Kepada Enam Personil Berprestasi

Sementara itu, narasumber diskusi Arafat SE MM mengungkapkan, bahwa fungsi media massa sangat berperan dalam menghantarkan informasi untuk mengambil keputusan.

Selain itu, berfungsi sebagai pemberi informasi kepada masyarakat umum secara tepat waktu. Serta dapat memperjelas permasalahan yang dihadapi melalui pesan-pesan kepada masyarakat.

“Juga berfungsi sebagai pemberi pendidikan kepada masyarakat dalam melewati beragam macam saluran informasi,” tambahnya.

Laporan : Akbar

109

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed