oleh

Turunkan Angka Stunting, Pemkab Konsel Kampanyekan Pemberian Tablet Tambah Darah

LayarSultra.com, Konawe Selatan – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) kampanyekan pemberian tablet tambah darah kepada remaja putri, khususnya pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Guna mewujudkan remaja putri yang sehat, kuat, cantik, cerdas dan smart tanpa anemia.

Kampanye itu merupakan tindak lanjut dari program kementrian kesehatan (Kemenkes RI) yang di ikuti secara virtual oleh empat kabupaten, yakni Kabupaten Konawe,Kolaka, Kota Kendari dan Kabuputen Konsel. Untuk konsel dipusatkan di SMA Negeri 04 Konsel.Senin, 18 Juli 2022.

Baca Juga :  Sambut HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, TK RA Riyadhus Shalihin Baruga Gelar Berbagai Lomba

Plt Kadis Kesehatan dr Boni Lambang Pramana, melalui Kepala Seksi (Kasi) Gizi Kesehatan Kerja dan Olahraga (Kesjaor) Hasta Munanto mengatakan, pemberian tablet tambah darah itu sebagai upaya menurunkan angka stunting.

Untuk itu lanjut Hasta, diharapkan agar semua pihak dapat berkomitmen dan memiliki pemahaman yang sama pada pelaksanaan kampanye tersebut.

” Pemberian tablet tambah darah diberikan kepada remaja putri rentang usia umur 12-18 tahun dengan dosis satu tablet per minggu sepanjang tahun,” terang Hasta.

Baca Juga :  Tunaikan Janji Masyarakat Landono, Wabup Konsel bersama Kapolres Temui Gubernur Sultra

Hasta menjelaskan pemberian tablet tambah darah kepada remaja putri, karena mereka adalah calon ibu yang nantinya akan melahirkan generasi yang tidak stunting.

” Jadi pemberian tablet tambah darah ini, diprioritaskan kepada pelajar putri, guna mencegah kekurangan sel darah merah atau anemia,” beber Hasta.

Hasta menambahkan jenis tablet tambah darah itu mengandung Fe pirofosfat berfungsi untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi dalam kondisi anemia karena kekurangan zat besi.

Baca Juga :  Kawal Aksi Demo, Polres Konsel kedepankan Sikap Humanisme

” Pemberian tablet tambah darah ini, sebenarnya sudah berjalan di konsel, namum belum efektif sepenuhnya dikarenakan keterbatasan tenaga medis, yang kedua belum tersosialisasikan dengan baik di sekolah-sekolah dikarenakan beberapa kendala,” kata Hasta.

Hasta berharap semoga tahun ini dinkes konsel dapat menyalurkan tablet tambah darah secara menyeluruh ke semua sekolah.

” Tentunya kami berharap program ini dapat terlaksana dengan baik,” harapnya.

Laporan : Akbar

103

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed