oleh

Kirab 1 Muharram yang Digelar Kemenag Sultra Diikuti 14.444 Peserta

LAYARSULTRA.COM, KENDARI – Suasana Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H di Sulawesi Tenggara terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Lebih dari 14.444 orang dari berbagai elemen masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) baik dari madrasah dan Pondok Pesantren tumpah ruah ke jalan dalam rangka mengikuti kirab Peringatan Tahun Baru Islam, Jumat (28/7/2022).

Kirab 1 Muharram dengan tema “Hijrah Bersahabat Menuju Sulawesi Tenggara yang Aman, Maju, Sejahtera dan Bermartabat” ini, diinisiasi oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) H Zainal Mustamin beserta seluruh jajaran Kemenag Sultra, berlangsung khidmat dan meriah.

Tampak barisan putih memadati jalan sepanjang Masjid Raya Al Kautsar sebagai titik star dan finish di pelataran Kanwil Kemenag Sultra. Rute ini diambil oleh peserta kirab pagi yang terdiri dari unsur Madrasah Ibtidayah dan Madrasah Tsanawiyah serta Ikatan Guru RA sebanyak 156 barisan dengan total peserta lebih dari lima ribu orang.

Baca Juga :  Ketum HIMSAMU Sultra Sebut Sosok Pastian Puluase Calon Kades yang Tegas dan Amanah

Barisan kirab pagi 1 Muharram yang diiringi drum band asal MTs As Safiiyah ini, diterima langsung oleh Kakanwil Kemenag Sultra Zainal Mustamin didampingi Ketua DWP Kanwil Kemenag Sultra Ny. Muliawati Zainal dan seluruh pejabat lingkup Kanwil Kemenag Sultra.

Lebih dari 14.444 peserta kirab, berdoa sejenak pada pukul 14.44 WITA sebagai tanda peringatan Tahun Baru Islam 1444 H serta ditandai pelepasan 44 balon udara.

“Kita akan melepas 44 balon ini, yang kanan sebanyak 22 balon dan sebelah kiri juga sejumlah 22 balon sebagai pertanda Tahun 2022 Masehi dan jika digabung menjadi 44 sebagai simbol dari Tahun Baru Islam 1444 H. Kita sama-sama berdoa semoga tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya kita senantiasa sehat dan kita menjadi masyarakat yang damai, tenang dan rukun di bawah perlindungan Allah SWT,” kata Kakanwil seraya mengajak seluruh yang hadir membaca surah Al Ashr. 

Baca Juga :  JPKP Nasional Sultra Resmi Mengadukan PT Perusahaan Nickel Sultra (PNS) Atas Dugaan Ilegal Mining di Polda Sultra

Kemudian dilanjutkan dengan kirab siang setelah pelaksanaan sholat Jumat dan tepat pukul 14:44 WITA seluruh peserta istirahat sejenak sembari membaca Surat Al Fatihah dan berdoa atas pergantian tahun, kirab kali ini mengambil titik star di area Kantor Wilayah Kemenag Sultra dilepas langsung oleh Kakanwil Zainal Mustamin, dan berujung di Pondok Pesantren Darul Mukhlisin diterima oleh Gubernur Sultra yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi  Umum Sukanto Toding.

Turut hadir Ketua MUI Sultra KH Mursyidin, Wakil Ketua MUI Sultra KH Djakri Nappu, Al Mukarrom Al Habib Umar Bin Ali Bin Abdul Kadir Assegaf, para tokoh agama, pimpinan ormas dan paguyuban, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat, pimpinan BKMT, sejumlah pejabat administrator lingkup Kanwil Kemenag Sultra dan Kepala Kemenag kabupaten/kota.

Baca Juga :  Hendak Meminta Uang HSU, Anggota Koperasi BMT Al-Manshurin Ini Justru Dianiaya oleh Ketuanya

Rombongan kirab kedua ini juga diikuti oleh lebih dari 100 barisan dengan total peserta lebih dari 9 ribu orang yang berasal dari jajaran Kemenag Sultra, ormas hingga paguyuban, Madrasah Aliyah, Pondok Pesantren, BKMT dan berbagai unsur masyarakat lainnya. 

Selain Kirab Muharram menyambut Tahun Baru Islam 1444 H, juga dirangkaikan dengan pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Daerah (POSPEDA) ke-9 antar Pondok Pesantren se Sulawesi Tenggara Tahun 2022 yang akan dipusatkan di Pondok Pesantren Darul Muhlisin.

(Redaksi)
Sumber : Humas Kemenag Sultra

340

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed