oleh

Soroti Pembangunan Pasar Modern di Kecamatan Buke, KLPP Konsel Gelar Aksi Unjuk Rasa

LayarSultra.com, Konawe Selatan – Konsorsium Lembaga Pemerhati Pembangunan (KLPP) Konawe Selatan (Konsel) Menggelar Aksi Unjuk Rasa (Unras) di perempatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Konawe Selatan. Senin, 01/08/2022

Dalam aksi tersebut, para Demonstran menyoroti terkait pembangunan pasar modern di Desa Andoolo Utama Kecamatan Buke yang mana bangunannya bersumber dari Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dinilai cacat kontruksi.

Tak sampai disitu, Bentuk protes puluhan pemuda yang tergabung dalam lembaga tersebut juga melakukan aksi unjuk rasa di kantor Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Konsel.

Baca Juga :  Setara Gaji Pokok, THR ASN Konsel Bakal Segera dicairkan

Iswan Safar, selaku Koordinator aksi dalam orasinya mengaku, bahwa progres pengerjaan bangunan itu, ditemukan beberapa bagian kontruksi diduga dikerjakan asal-asalan. Hal itu kata Iswan, berdasarkan temuan hasil investigasi KLPP di lapangan.

” Beberapa item pekerjaan yang kami nilai dikerja asal yakni, pengerjaan besi dan sambungan anyaman besi slop tidak sesuai gambar, selain itu para pekerja tidak dibekali alat kesehatan dan keselamatan kerja,” Ucapnya

” Sangat disayangkan, pihak perusahaan tidak menerapkan Standar Oprasional Prosedur (SOP),” kata Iswan.

Baca Juga :  Atlet IPSI Konsel Persembangkan 7 Medali di Porprov Buton dan Bau-bau

Olehnya itu, Dinas Perindag sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Penjabata Pembuat Komitmen (PPK) serta tim teknis diduga tidak melakukan pengawasan yang baik kepada pihak perusahaan yang menangani proyek tersebut.

Atas dasar itu, sehingga KLPP Konsel mendesak, Bupati dan Wakil bupati, DPRD Konsel dan Kadis Perindag untuk segera meninjau langsung progres pembangunan pasar moderen tersebut.

Sementara itu, Plt Kadis Perindag Konsel Saribana, saat menemui massa aksi mengungkapkan terimakasih kepada KLPP Konsel yang telah membantu pemerintah dalam melakuan pengawasan disektor pembangunan.

Baca Juga :  86 Desa Di Konsel Ikuti Pilkades Serentak

” Aspirasi adik-adik sudah saya terima dengan senang hati, olehnya itu apa yang menjadi tuntutan massa aksi secepatnya akan ditindak lanjuti,” ucap Saribana.

Terkait temuan KLPP Konsel, adanya item yang diduga dikerja asal atau tidak sesuai RAB, Saribana berjanji akan segera turun lapangan mencari fakta tersebut.

” Terkait pengawasan umum, kami sudah jadwal setiap minggunya untuk melakukan kontrol dilapangan, namun untuk pengawasan secara teknis, itu ada rana yang menangani,”terang Saribana.

Laporan : Akbar

110

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed