oleh

Pj Bupati Koltim Buka Kegiatan Pelayanan KB MKJP

LAYARSULTRA.COM, KOLTIM – Pj Bupati Kolaka Timur (Koltim) Sulwan Abunawas membuaka kegiatan pelayanan KB MKJP (operasi tubektomi), bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kolaka Timur, Jumat (5/8/2022).

Dalam sambutannya, Sulwan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang sudah bersedia hadir dan mengikuti kegiatan ini serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada faskes dan tenaga medis, dimana melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) bersedia untuk melakukan pelayanan KB kepada masyarakat.

“Penduduk merupakan titik sentral dalam pembangunan berkelanjutan, sehingga program-program berbasis kependudukan harus dilaksanakan secara terencana di segala bidang untuk menciptakan perbandingan ideal antara perkembangan kependudukan dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan serta memenuhi kebutuhan generasi sekarang tanpa harus mengurangi kemampuan dan kebutuhan generasi mendatang,” ucap Sulwan.

Baca Juga :  Usai Mengisi BBM, Satu Unit Sepeda Motor Terbakar di Areal SPBU Konda

“Salah satu kegiatan dari program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana atau Bangga Kencana adalah pelayanan kontrasepsi, dengan kegiatan pelayanan ini diharapkan dapat meningkatkan kesertaan ber-KB di Kabupaten Kolaka Timur,” imbuhnya.

Sulwan menjelaskan, diantara pelayanan kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat yakni pelayanan kontrasepsi yang memiliki berbagai tantangan. Tantangan yang dimaksud adalah tingkat keterpaparan informasi kontrasepsi kepada masyarakat, kemampuan masyarakat untuk mendapatkan akses pelayanan kontrasepsi, ketersediaan petugas medis berikut kapasitas tenaga penyuluh lapangan serta tingkat pemenuhan kebutuhan pelayanan kontrasepsi.

Baca Juga :  BEM FMIPA UHO Gelar Seminar Kewirausahaan, Mahasiswa Diharapkan Jadi Entrepreneur

“Melalui kegiatan ini saya berharap kegiatan-kegiatan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan demi keberlangsungan kesejahteraan masyarakat Kolaka Timur,” harapnya.

“Saya mengajak kepada kita sekalian agar bersama-sama untuk mensukseskan pelayanan kontrasepsi di masa sekarang dan akan datang, karena dengan modalitas, totalitas serta profesionalisme dalam pelayanan kontrasepsi yang dirasakan oleh masyarakat inilah diharapkan dapat meningkatkan keberhasilan program Bangga Kencana, khususnya di Kabupaten Kolaka Timur,” ucap Sulwan.

Sementara capaian pelayanan KB di Kabupaten Koltim perbulan Juni 2022 telah mencapai angka 58 persen dan pada hari ini kembali dilakukan pelayanan KB dengan metode MKJP tubektomi kepada tujuh orang akseptor sehingga dapat kembali meningkatkan capaian pelayanan KB di Kabupaten Koltim.

Baca Juga :  FORMAN Sultra Tegaskan Akan Kawal Hingga Tuntas Pelanggaran Hukum yang Dilakukan oleh PT AMI

Sulwan berharap agar pelayanan kontrasepsi dapat ditingkatkan kualitasnya kepada masyarakat, sebab pelayanan kontrasepsi yang paripurna akan memberikan manfaat dalam hal mengatur jarak kehamilan, mempromosikan penyusuan bayi yang optimal, serta perencanaan masa depan keluarga yang lebih baik.

“Pelayanan kontrasepsi juga bukan hanya semata-mata bertujuan untuk pembatasan kehamilan atau penjarangan jumlah anak, namun lebih untuk menyiapkan generasi yang terbaik pada masing-masing keluarga di masa mendatang,” tutupnya.

Reporter : Supriadin

254

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed