Resmikan Puskesmas Mokupa, Pj Bupati Koltim Harap Masyarakat Manfaatkan Faskes dengan Baik

Pj Bupati Koltim bertandatangan di prasasti peresmian Puskesmas Mokupa

LAYARSULTRA.COM, KOLTIM – Pj Bupati Kolaka Timur (Koltim) Sulwan Abunawas meresmikan Puskesmas Mokupa yang berada di Kecamatan Lambandia, Kabupaten Koltim, Kamis (11/8/2022).

Pembangunan fasilitas kesehatan di Kolaka Timur ini merupakan bagian integral dari pembangunan kesehatan nasional yang bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal denfan tolak ukur semakin meningkatnya usia harapan hidup maka semakin rendahnya angka kematian ibu dan bayi.

Hal itu disampaikan oleh Pj Bupati Koltim Sulwan Abunawas saat memberikan sambutan dihadapan tamu undangan dan pejabat lingkup Pemda Koltim.

Penyambutan kedatangan Pj Bupati Koltim

“Semakin membaiknya status gizi, semakin berkurangnya penyakit menular, dan terkendalinya penyakit-penyakit tidak menular, hal tersebut dapat dilakukan melalui peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang diimbangi dengan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan kesehatan,” ucap Sulwan.

Peningkatan akses pelayanan kesehatan dapat dilakukan melalui penyediaan fasilitas kesehatan yang memadai dan semakin terjangkau dan cakupan kepesertaan melalui jaminan kesehatan. Sedangkan pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan promosi, upaya kesehatan berbasis komunitas dan peningkatan kesehatan lingkungan.

Untuk mengatasi permasalahan kesehatan tersebut maka agenda pembangunan kesehatan di fokuskan kepada penyediaan fasilitas kesehatan yang semakin dekat dengan masyarakat, penyediaan jaminan kesehatan melalui kartu sehat daerah yang terintegrasi dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Baca Juga :  Pengaspalan Motaha - Lambuya Hanya Sekedar Janji, P2MKOSMAT Ancam Akan Demo Besar-Besaran di DPRD Sultra

Oleh karena itu, untuk lebih mendekatkan pelayanan kesehatan di Kecamatan Lambandia, maka Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur membangun Puskesmas Mokupa yang nantinya akan melayani penduduk di 6 desa yakni Desa Bou, Onemanu, Mokupa, Mondoke, Loea, dan Penanggootu dengan jumlah penduduk sebanyak 6.925 jiwa.

“Untuk melaksanakan pelayanan kesehatan, di Puskesmas Mokupa ini sudah cukup memadai walaupun nantinya masih terus ditingkatkan, seperti peningkatan akses jalan, penyediaan rumah dokter dan para medis serta penataan lingkungan puskesmas,” kata Sulwan.

Sulwan mengatakan dengan adanya Puskesmas Mokupa ini maka ia menghimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan puskesmas ini dengan baik sesuai kebutuhan layanan kesehatan serta menjaga dan memproteksi diri sendiri dan keluarga dari berbagai penyakit.

“Selain itu juga memberikan perhatian serius terhadap anggota keluarga rawan kesehatan, seperti ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan anak balita, dan secara bersama-sama menjaga lingkungan yang bersih dan sehat, apalagi di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini, saya himbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan ikut vaksinasi,” tutupnya.

Reporter : Supriadin

Baca Juga :  Banyak Kendaraan Plat Luar Operasi di Sultra, Ampuh Dorong Pemprov dan DPRD Buat Perda Mutasi Kendaraan
610

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *